Gubernur NTT Hadiri Peluncuran Desa Digital Pertama di Malata

Malata - Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik (DKIPS) dengan dukungan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Sumba Barat dan Bank NTT Cabang Waikabubak meluncurkan Desa Digital (DEDI) pertama di Sumba Barat, Nusa Tenggara Timur, di Kantor Desa Malata, Jumat (28/2).

Peluncuran Desa Digital di Malata tersebut dilakukan langsung oleh Gubernur Nusa Tenggara Timur Viktor Laiskodat.

Saat penyerahan sertifikat peresmian DEDI kepada Kepala Desa Malata Marthen Bulu, Gubernur Victor berpesan agar Desa Malata dibina dan dilanjutkan terus sebagai Desa Digital.

"Sebagai DEDI, Malata telah dibina oleh DKIPS sejak awal tahun 2020 dengan 'best practise' pengembangan antara lain, penyediaan portal desa melalui website malata.desa.id yang diintegrasikan dengan e-lapor, e-surat dan e-book, serta bersama Bank NTT membina e-commerce Malata melalui lapak online, agen digital DIA BISA dan juga mendorong masyarakat melakukan m-banking, pojok e-learning, e-sensus, rujukan Puskesmas online, dan sebagainya.

Setelah kegiatan launching, Gubernur Victor berharap Malata akan terus dibina oleh DKIPS Kabupaten Sumba Barat melalui berbagai kegiatan untuk benar-benar mewujudkan sebagai Desa Digital di semua aspeknya, serta mendorong desa lain mengikuti jejak Malata.