Wali Kota Tomohon Ajak Warga Disiplin Protokol Kesehatan

Tomohon - Wali Kota Tomohon, Sulawesi Utara (Sulut), Caroll JA Senduk mengajak warga tidak lalai menerapkan protokol kesehatan (prokes) untuk mencegah penularan COVID-19.

"Kunci dari penanggulangan penyebaran COVID-19 adalah kedisiplinan, kalau tidak disiplin melaksanakan protokol kesehatan akan selalu bertambah kasus baru," ujar Wali Kota Caroll di Tomohon, Selasa (4/5).

Wali Kota kemudian memberikan apresiasi atas kerja keras seluruh masyarakat dan tim yang tergabung dalam Satuan Tugas Penanganan COVID-19 baik di tingkat kota, kecamatan kelurahan dan lingkungan, termasuk tenaga kesehatan yang telah berjuang merawat para pasien yang terpapar.

Terkait penanganan pandemi, dia berharap seluruh warga kota tetap waspada dan terus mematuhi imbauan pemerintah, satgas agar terhindar penularan COVID-19.

"Saya menegaskan kepada seluruh aparatur sipil negara bersama instansi terkait untuk memberikan pelayanan kesehatan terbaik kepada masyarakat dan yang terkonfirmasi COVID-19 serta memastikan fasilitas pendukung khususnya ICU di seluruh rumah sakit yang melakukan penanganan telah tersedia dan mencukupi,"

ujarnya.

Menurut Wali Kota, optimalisasi strategi penanganan COVID-19 yakni meningkatkan pemetaan berdasarkan konfirmasi kasus positif pada tingkat kelurahan dan lingkungan, pembatasan skala mikro mikro pada lingkungan terdapat kasus terkonfirmasi positif.

Selanjutnya, melakukan perawatan terhadap kasus konfirmasi positif melalui isolasi/karantina pemerintah, dan isolasi pada rumah sakit.

Begitu pula dengan strategi setiap bidang-bidang satgas yang dimulai dari bidang perubahan perilaku, penanganan, penegakan hukum dan pendisiplinan, relawan, komunikasi publik dan bidang data dan informasi.

Dia berharap, kepala perangkat daerah dan lembaga terkait lainnya mampu mengatur pengelolaan dan pelaksanaan protokol kesehatan dan meningkatkan partisipasi aktif masyarakat dalam program vaksinasi COVID-19 untuk kesehatan dan bagi kemanusiaan.