Majukan Karate di Tanah Datar, Kajari dan Dandim Dianugerahi Sabuk Hitam Kehormatan

Tanah Datar - Atas kontribusi pengembangan olahraga beladiri karate di Kabupaten Tanah Datar, pengurus Lembaga Karate-do Indonesia (Lemkari) Provinsi Sumatera Barat menganugerahkan sabuk hitam kehormatan kepada Kajari Tanah Datar Hardijono Sidayat dan Dandim 0307/TD Letkol Inf Edi S Harahap.

Penganugerahan ini dilakukan melalui upacara yang turut dihadiri Inspektur Altri Suandi, Ketua KONI Tanah Datar Doni Eka Putra, Ketua Pengurus Cabang Lemkari Padang Surfa Yondri, Ketua Pengcab Lemkari Tanah Datar Iptu Syahbudin, Perwakilan pergururan karate dan dewan guru Lemkari Tanah Datar di halaman Istano Basa Pagaruyung, Minggu (1/3).

Dalam upacara yang diikuti lebih kurang 200 karateka dari 29 dojo se-Kabupaten Tanah Datar juga dilakukan penyerahan tanda lulus kenaikan tingkat atau ujian kyu.

Ketua Pengprov Lemkari Sumbar Firdaus Ilyas menyebutkan, penganugerahan ini sebagai apresiasi atas dukungan Kajari Hardijono dan Dandim Edi Sugianto terhadap kemajuan olahraga karate di Tanah Datar.

"Berdasarkan beberapa kali rapat untuk pertimbangan, Pengprov Lemkari memandang kedua tokoh ini layak mendapatkan sabuk hitam kehormatan, semoga semakin menambah motivasi kita bersama memajukan karate di Tanah Datar," ujar Firdaus.

Firdaus mengatakan, tujuannya membuka dojo di kejari untuk generasi muda Tanah Datar sebagai salah satu upaya membangun karakter yang kokoh iman dan takwanya, serta kuat fisiknya.

Sementara itu, Bupati Tanah Datar yang diwakili Staf Ahli Bupati Bidang SDM dan Kemasyarakatan Ermon Revlin menyampaikan ucapan selamat kepada dandim dan kajari Tanah Datar.

"Atas nama pemerintah daerah, kami menyampaikan selamat kepada bapak dandim dan kajari, semoga kehormatan ini menjadi penambah semangat dan motivasi bisa berkarya lebih baik," ungkap Ermon.

Ermon mengapresiasi kegiatan ini sebagai bentuk dukungan terhadap pencapaian visi dan misi pemerintah daerah menciptakan kualitas SDM yang tangguh dan berbudi pekerti luhur.

"Generasi muda perlu dibentengi dengan hal-hal yang positif sehingga terhindar dari narkoba dan perbuatan menyimpang lainnya. Mari kita dukung bersama program ini," harapnya.

Ermon juga berharap olahraga karate bisa semakin berkembang di Tanah Datar.

"Jelang Porprov pada Desember mendatang, ini menjadi momentum yang baik menambah motivasi mempersiapkan atlet bisa prestasi tinggi mengulang masa-masa emas Tanah Datar di cabang karate," ujarnya.

Dandim dan Kajari Tanah Datar dalam masing-masing sambutannya senada menyampaikan terima kasih atas kepercayaan ini dan bertekad bisa berbuat lebih baik lagi untuk pengembangan karate di Tanah Datar.