"MAKIN RAME" Muara Enim Berkiprah di KIPP 2021

Muara Enim - Mobil Akses Komunikasi dan Informasi Rakyat Muara Enim disingkat MAKIN RAME inovasi pelayanan publik milik Dinas Komunikasi dan Informatika Muara Enim bersama 10 inovator lainnya akan berkiprah pada Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) tahun 2021 yang digelar Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi (Kemen PAN RB).

Mengenai Inovasi MAKIN RAME disampaikan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Muara Enim Ardian Arifanardi, didampingi Kepala Bidang Pengelolaan Data, Informasi Publik dan Statistik Harry Aries Saputra, merupakan inovasi yang sudah diterapkan pada Januari 2019 lalu.

"Kami melihat MAKIN RAME penting untuk dijalankan Dinas Komunikasi dan Informatika Muara Enim menyadari bahwa masyarakat sangat membutuhkan informasi apa - apa saja pembangunan yang telah dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Muara Enim," ujarnya.

Kemudian, jelasnya, Dinas Kominfo Muara Enim mencermati bahwa dalam pengembangan komunikasi dan informasi yang dibangun adalah pemangku kepentingan di tingkat birokrasi serta masyarakat sebagai penerima pelayanan. Peluang ini cukup besar dan responsif karena masyarakat juga mengharapkan komunikasi dan informasi dalam melaksanakan program pembangunan.

"Dengan MAKIN RAME, Dinas Kominfo Muara Enim mempunyai kebijakan penyebarluasan hasil informasi pembangunan dengan program kerjasama informasi dengan mass media dengan kegiatan yaitu penyebarluasan informasi penyelenggaraan pemerintah daerah melalui radio/talkshow, pemutaran film di pedesaan, majalah dan buletin, peliputan, newsroom/siaran langsung melalui radio," ungkap Ardian.

Ditambahkan Harry, untuk inovasi MAKIN RAME pada KIPP 2021 masuk kategori tata kelola pemerintahan.

"MAKIN RAME ini menjadi alternatif yang diharapkan dapat menjadi jawaban dalam mengatasi permasalahan penyebaran informasi dan kesenjangan digital. MAKIN RAME ini terintegrasi antara kendaraan dan perlengkapan," terang Harry.