Tekan Stunting, Bupati Sumba Barat Luncurkan Program Pemberian Makanan Tambahan

Lamboya - Bupati Sumba Barat Agustinus Niga Dapawole meluncurkan program pemberian makanan tambahan (PMT) untuk ibu hamil, menyusui, bayi/balita, PAUD, TK dan SD sebagai upaya pencegahan kekerdilan atau stunting, di Kantor Desa Kabukarudi, Kecamatan Lamboya, Sabtu, (29/2).

Bupati Dapawole berharap dengan diluncurkannya program PMT ini, Pemkab Sumba Barat dapat memastikan masyarakat di desa-desa bisa lebih memperhatikan kebutuhan gizi untuk anak.

"Kita harus mengedepankan kepentingan terbaik bagi anak," ujar Dapawole.

Bupati Dapawole juga bersyukur dan bangga karena Desa Kabukarudi terpilih sebagai model bagi Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

"Pemerintah telah menyediakan bantuan PMT ini dengan mengeluarkan dana yang tidak sedikit jumlahnya, oleh karenanya kita harus mendukung program ini sehingga anak-anak kita juga dapat terselamatkan dari stunting. Dan apabila program ini sukses, maka selanjutnya akan berkembang ke desa-desa lain di Kabupaten Sumba Barat," ujarnya.

Pada kesempatan itu, Bupati Dapawole mengatakan bahwa dirinya sangat mengagumi seorang perempuan karena merupakan sosok yang kuat dan tangguh.

"Mama-mama melakukan hal yang tidak bisa dilakukan laki-laki. Mengurus suami, anak dan rumah dalam waktu yang bersamaan," ujar Dapawole.

Selain itu, Bupati juga berpesan kepada desa dan Puskesmas untuk mempunyai data yang seragam terkait kaum perempuan, khususnya ibu hamil.

"Kepala desa dan dusun harus tahu jumlah ibu hamil yang kemudian dilaporkan pada Dinas Kesehatan karena pencegahan Stunting dilakukan sejak anak di dalam kandungan," tegas Dapawole.

Sementara itu, Kepala Desa Kabukarudi mengucapkan terima kasih kepada Bupati Sumba Barat yang sudah bersedia memberikan arahan untuk masyarakat di Desa Kabukarudi tentang pentingnya program PMT ini.

Kades melaporkan bahwa program PMT ini dilakukan setiap hari di Kantor Desa Kabukarudi, dana untuk program ini Rp105 juta untuk satu bulan

Acara kemudian dilanjutkan dengan pemberian suap oleh Bupati Dapawole kepada bayi, anak-anak PAUD, ibu hamil dan menyusui, serta pembagian PMT oleh kader TP PKK.

Hadir pada kesempatan itu, camat Lamboya, kapolsek Lamboya, kepala Desa Kabukarudi, Ketua TP PKK Kabupaten Sumba Barat, tokoh masyarakat Ibrahim Kedujawa, kepala Puskesmas, para kader Posyandu, dan masyarakat di Desa Kabukarudi.