Bupati dan Kapolres Kubu Raya Tinjau Posko COVID-19 di GAIA Bumi Raya City Mall

Kubu Raya - Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan bersama Kapolres AKBP Yani Permana dan Kasdim 1207 Kolonel Arm Moch Rofiq meninjau Posko COVID-19 di GAIA Bumi Raya City Mall.

Kapolres Kubu Raya AKBP Yani Permana mengatakan, pihaknya bersama Bupati dan Kasdim malam ini sengaja melakukan peninjauan Posko COVID-19 di GAIA Bumi Raya City untuk memastikan para pengunjung dalam mematuhi protokol kesehatan.

"hal ini kita lakukan karena memang pada lebaran tahun ini kita tidak memperbolehkan masyarakat untuk melakukan takbir keliling, sehingga kita dapat memastikan masyarakat akan mengunjungi dua Mall terbesar di Kubu Raya ini," katanya di sela peninjauan Posko COVID-19 di GAIA Bumi Raya City, Rabu (12/5) malam.

Kapolres memperediksikan jumlah pengunjung di GAIA Bumi Raya City Mall hingga pukul 19.30 WIB mencapai 4.500 orang," ujarnya.

Kapolres menambahkan, pihaknya secara totalitas menurunkan 15 personel bersama gabungan TNI di GAIA mall ini untuk memastikan masyarakat tetap menerapkan protokol kesehatan.

"Jika terdapat masyarakat yang tidak patut terhadap protokol kesehatan maka kita akan melakukan penindakan di tempat. Karena pemerintah daerah melalui Dinas Kesehatan telah menyiapkan screening GeNose bagi pengunjung di mall ini," paparnya.

"Kondisi ini terus kita antisipasi terutama pada hari pertama Idul Fitri besok sampai hari Minggu diperkirakan akan terjadi lonjakan pengunjung.

Hal senada disampaikan Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan. Dirinya menambahkan, kunjungannya bersama Kapolres dan Kasdim di GAIA Bumi Raya City ini untuk memastikan pengunjung tetap menerapkan protokol kesehatan.

"Tidak kalah pentingnya bagi pengelola GAIA Bumi Raya City dan Transmart agar bisa mendukung Satgas COVID-19 kabupaten Kubu Raya dalam penanggulangan penyebaran COVID-19 di pusat perbelanjaan," ucapnya.

Bupati juga mengingatkan kepada masyarakat untuk tidak berdecak-desakan di pusat perbelanjaan, apalagi di hari-hari libur, karena kondisi itu pasti menimbulkan keramaian.

"Mari kita semua menjaga daerah kita ini tetap berada di zona kuning COVID-19 dan jangan sampai karena adanya lonjakan pengunjung di dua pusat perbelanjaan terbesar di Kubu Raya itu kita masuk dalam zona oranye," imbuhnya.

Bupati menyampaikan, selain di GAIA Bumi Raya City, sejumlah posko-posko COVID-19 juga sudah didirikan di sejumlah pasar desa, tentunya posko yang ada di desa itu untuk menghadapi situasi Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berskala mikro dan sekaligus mengendalikan peningkatan penyebaran COVID-19 yang saat ini mengalami trand peningkatan di sejumlah kabupaten/kota di Kalbar, mengingat Kubu Raya berbatasan langsung dengan Kota Pontianak, tentunya sangat rentan sekali.

"Jangan sampai ada klaster baru COVID-19 di mall dan pusat perbelanjaan seperti yang terjadi di Tanah Abang Jakarta," harapnya.

Usai mengunjungi GAIA Bumi Raya City, Bupati melanjutkan peninjauan aktivitas masyarakat di sejumlah masjid dan gereja di kecamatan Sungai Raya untuk memastikan persiapan pelaksanaan shalat Idul Fitri dan perayaan Isa Almasih.