Labuan Bajo Jadi Tuan Rumah Malam Anugerah Pesona Indonesia

Labuan Bajo - Bupati Manggarai Barat Edistasius Endi menegaskan bahwa Labuan Bajo telah ditetapkan sebagai tuan rumah malam puncak Anugerah Pesona Indonesia (API) pada Kamis (20/5).

Hal tersebut disampaikan Bupati Mabar yang biasa disapa Edi Endi tersebut saat melakukan inspeksi mendadak (sidak) di kantor Camat Komodo, Rabu (19/5).

"Dengan ditetapkan menjadi tuan rumah pada event besar seperti ini mengharuskan kita untuk siap dan menjadi tuan rumah yang baik," ucap Bupati Mabar yang biasa disapa Edi Endi tersebut.

Pada saat itu juga bupati meminta kepada Camat Komodo Imran untuk mengimbau kepada semua kepala desa dan lurah dalam Kota Labuan Bajo untuk membersihkan lingkungan dan sekitarnya.

"mengingat kota ini menjadi tuan rumah penyelenggaraan Kegiatan API (Anugerah Pesona Indonsia) di kawasan Hotel Inayabay. Maka camat Komodo harus menghimbau kepada lurah dan kepala desa untuk membersihkan lingkungan supaya kelihatan indah dan menunjukkan identitas sebagai daerah destinasi pariwisata super premium," ucap Bupati Bumi Komodo tersebut.

Ketua Penyelenggara API Muhammad Syafaat menjelaskan dari 56 bupati/wali kota yang diundang, dipastikan 54 orang diantaranya akan hadir bersama 3 gubernur yaitu Gubernur NTT, Gubernur NTB, dan Gubernur Riau.

Menurut rencana, lanjut Syafaat, kegiatan puncak API akan dihadiri lima menteri yakni Menko Maritim, Menkumham, Menparekraf, Menkominfo, Menteri LHK, dan Menkominfo.

"Untuk Menko Maritim dan Menkominfo kehadirannya baru bisa dipastikan hari ini (Rabu), apakah hadir langsung ataukah diwakili. Sedangkan tiga menteri lainnya dipastikan akan diwakili oleh salah satu dirjen atau staf ahli kementerian," ucapnya.

Syafaat menjelaskan, semua peserta wajib melakukan swab antigen sebelum acara dan pengecekan secara ketat di lokasi acara yaitu di Hotel Inaya Bay Komodo Labuan Bajo.

Dari sekitar 500 orang yang datang ke Labuan Bajo, hanya diperbolehkan 150 orang saja yang bisa mengikuti acara puncak di Inaya Bay dengan menerapkan secara ketat protokol kesehatan.

"Swab antigen bagi semua yang terlibat dalam acara itu berlangsung Hari Kamis mulai jam 10.00 Wita sampai pukul 13.00 Wita. Di sekitar lokasi kegiatan juga disiapkan tempat khusus untuk isolasi bila ada yang positif dan langsung berkordinasi dengan tim gugus tugas penanganan COVID-19," tegasnya

Sementara itu, Wakapolres Mabar Kompol Sukanda menyampaikan petugas keamanan dalam acara itu terdiri dari Polres Mabar 176 personel, TNI (31), Brimob (20), Satpol PP (20), serta didukung Dinas Perhubungan setempat.