Bupati Sumba Barat Hadiri Rapat Percepatan Penyelesaian Batas Daerah

Sumba Barat - Bupati Sumba Barat Yohanis Dade menghadiri Rapat Percepatan Penyelesaian Batas Daerah di Provinsi Nusa Tenggara Timur yang dilaksanakan di Ruang Rapat Gubernur yang dipimpin oleh Wakil Gubernur Josef A. Nae Soi, Selasa (18/5).

Rapat tersebut juga dihadiri oleh Menteri Dalam Negeri yang diwakili oleh Direktur Kawasan Perkotaan dan Batas Negara, Ditjen Bina Administrasi Kewilayaan Kemendagri RI Thomas Umbu Pati. T. B, M. Si serta para Bupati/Wali Kota yang masih bermasalah dengan batas daerah.

Untuk diketahui, Kabupaten Sumba Barat masih ada persoalan batas daerah dengan Sumba Barat Daya pada segmen selatan sedangkan antara Kabupaten Sumba Barat dengan Kabupaten Sumba Tengah masih ada 3 segmen yang belum ada kesepakatan yaitu segmen utara, tengah dan selatan.

Bupati Yohanis Dade, pada kesempatan itu mengatakan bahwa persoalan batas daerah telah melewati proses yang panjang namun sampai saat ini belum ada penyelesaian oleh karena itu terkait batas daerah kami kembali kepada pemerintah pusat untuk menentukan batas-batas daerah secara arif dan bijaksana dengan memperhatikan hasil pembahasan awal dan hasil tinjauan lapangan.

Setelah melewati diskusi maka semua kepala daerah selaku peserta rapat tidak ada kata sepakat untuk menentukan titik koordinat sebagai batas daerah pasti maka yang disepakati antara Bupati Sumba Barat, Bupati Sumba Barat Daya dan Bupati Sumba Tengah adalah menyerah persoalan batas daerah kepada pemerintah pusat untuk menentukan batas-batas daerah yang belum terselesaikan dan apapun yang menjadi keputusannya semua kabupaten bersedia untuk melaksanakan.

Sebagai akhir dari pertemuan tersebut dilaksanakan penandatanganan berita acara dari masing-masing bupati yang disaksikan oleh Wakil Gubernur Nusa Tenggara Timur dan Menteri Dalam Negeri yang diwakili oleh Direktur Kasan Perkotaan dan Batas Negara, Ditjen Bina Administrasi Kewilayaan Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia.

Turut hadir mendampingi Bupati Sumba Barat, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat pada Setda Kabupaten Sumba Barat dan Kasubag Protokol pada Bagian Humas dan Protokol Setda Kabupaten Sumba Barat.