Kominfo Launching Literasi Digital, Ambon Jadi Kota Penyelenggara Workshop

Ambon – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) RI melaksanakan peluncuran kegiatan Indonesia Cakap Literasi Digital di 20 kota satelit dan ibu Kota Jakarta, dimana Ambon termasuk salah satu kota penyelenggara workshop.

Di Ambon, kegiatan ini diselenggarakan Kamis (20/5/2021) di Swissbell Hotel, dan dibuka secara virtual oleh Presiden RI Joko Widodo dan Menteri Kominfo, Jhony Plate, sedangkan untuk kegiatan on site dibuka oleh Sekretaris Kota (Sekot) Ambon A.G Latuheru, mewakili Wali Kota Ambon Richard Louhenapessy.

 

Presiden Joko Widodo, dalam sambutannya ketika membuka kegiatan menjelaskan Literasi Digital penting untuk dilaksanakan karena saat ini konten negatif terus bermuculan dan  kejahatan di ruang digital terus berkembang.

“Hoax, penipuan daring, eksploitasi perempuan dan anak, perlu diwaspadai karena mengacam persatuan dan kesatuan bangsa,” kata Presiden.

Presiden berharap ruang digital dapat dibajiri dengan konten – konten positif, dan itu hanya dapat dilakukan apabila masyarakat sudah cakap literasi digital, artinya tidak hanya sekedar bisa menggunakan gawai, tetapi bagaimana memanfaatkannya secara produkif.

“Kita harus tingkatkan kecakapan digital masyarakat agar mampu menciptakan lebih banyak konten kreatif yang mendidik dan menyejukan yang membawa perdamaian, dan Internet harus mampu meningkatkan produktivitas masyarakat,” ujar presiden.

Presiden mengungkapkan, agar kecakapan literasi digital dapat terwujud perlu dukungan seluruh komponen bangsa, sehingga makin banyak masyarakat melek digital.

“Semoga kegiatan ini semakin masif, menggelinding dan membesar dalam kerja konkrit di masyarakat agar lebih kreatif dan produktif,” tandasnya.

Sementara itu, Menteri Kominfo RI Jhonny G. Plate, dalam sambutannya menyatakan bahwa Kegiatan Indonesia Makin Cakap Digital adalah tindak lanjut percepatan transformasi digital khususnya terkait pengembangan SDM digital yang diamanatkan presiden RI.

“Program ini dilaksanakan ditengah semakin intensifnya pengguanan internet dimana saat ini ada 196,7 juta warga net di indonesia dan akan terus meningkat,” kata Plate.

Dengan adanya peluncuran workhsop Indonesia Cakap Digital di 20 kota satelit dan di Ibu Kota Jakarta ini, kata Menteri, diharapkan menjadi awal dimulainya kegiatan Workshop Cakap Digital di 514 Kabupaten/ Kota yang akan diselenggarakan mulai dari Bulan Mei ini sampai dengan akhir Desember 2021 dengan target 12,5 juta masyarakat Indonesia akan terpapar literasi digital.

“Ini menjadi amunisi untuk menyiapkan sumber daya manusia yang siap menghadapi transformasi digital pada era revolusi industri saat ini dimana pentingnya literasi digital kepada seluruh masyarakat menjadi urgensi dan langkah strategis yang bisa dilakukan pemerintah untuk mewujudkan Indonesia Makin Cakap Digital,” tutupnya.