Pemkot Tomohon Optimalkan Peran Kelompok Tani Tingkatkan P erekonomian

Tomohon - Wakil Wali Kota Tomohon, Sulawesi Utara (Sulut) Wenny Lumentut mengatakan pemerintah daerah terus mengoptimalkan peran kelompok tani untuk meningkatkan perekonomian.

"Kelompok tani memiliki peranan penting dan merupakan wadah yang bertujuan meningkatkan perekonomian para petani," Kata Wakil Wali Kota Wenny di Tomohon, Kamis.

Apabila, pemberdayaan kelompok tani itu mampu dioptimalkan, secara otomatis ikut membantu mendorong laju pertumbuhan pembangunan Kota Tomohon, katanya.

"Kehadiran kelompok tani harus bisa memainkan peran dan fungsinya selaku organisasi yang memfasilitasi dan memperjuangkan kepentingan petani," sebutnya.

Tujuan utama dibentuknya kelompok tani ini adalah tercapainya kesejahteraan petani dan terciptanya keadaulatan pangan.

Politikus Partai Gerindra itu mengukuhkan Kelompok Tani Sombona Weru, Kelompok Tani Spekol Wakas dan Kelompok Tani Makaria Anugerah Kelurahan Paslaten Dua di Kelurahan Paslaten Dua Kecamatan Tomohon Timur.

"Semoga kepengurusan ini dapat mengemban amanah bekerja dengan baik, bekerja dengan ikhlas serta bekerja berkualitas," harap Wawali.

Optimalisasi kelompok tani berperan penting dalam meningkatkan kesejahteraan para petani, sekaligus menjadi mitra Pemerintah Kota Tomohon mencapai misi memajukan sistem pertanian dalam rangka perwujudan kedaulatan pangan.

"Diharapkan juga kelompok tani ini benar-benar menjadi wadah bagi petani untuk memperoleh wawasan luas mengenai pertanian dengan penguasaan teknologi, akses permodalan, pemasaran dan sebagainya," ujarnya