Gubernur NTT Resmikan SMKN 3 Komodo Mabar

Labuan Bajo - Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat (VBL) meresmikan sekolah SMKN 3 Kecamatan Komodo, Manggarai Barat. Gubernur NTT didampingi Bupati Manggarai Barat, Edistasius Endi, Jumat (21/5).

Pembangunan SMKN 3 Komodo merupakan dukungan Pemerintah Pusat, Provinsi dan Kabupaten. Pembangunan dilaksanakan pada bulan September 2020 dan selesai Desember 2020 sebagai upaya untuk memperkuat sumberdaya manusia dalam mendukung pembangunan pariwisata di Manggarai barat.

Gubernur NTT, dalam sambutannya mengatakan pengembangan industri pariwisata di NTT harus memperkuat kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) NTT melalui pendidikan yang berkarakter spiritual, intelektual, memiliki jejaring nasional dan sehat.

"pendidikan harus dapat menghasilkan generasi yang memiliki spiritual, intelektual serta memiliki jejaring sosial dan sehat jasmaninya, dimana ciri khasnya yaitu manusia spiritual itu manusia yang pantang menyerah, manusia intelektual itu mampu dengan cepat melatih cara berpikirnya, kritis dalam segala hal, mampu menganalisa dan memiliki jejaring sosial yang bagus serta sehat fisiknya", jelasnya.

Ditegaskannya pengembangan Industri pariwisata di NTT harus SDM kita bangun dan jangan bangun manusianya berdasarkan indentitas sesama agama, suku dan warna kulit saja, itu bisa membuat kita tidak memiliki energi untuk mewujudkan kesejahteraan bersama.

"Kita bersyukur hari ini, terdapat lembaga pendidikan yang gedungnya berdiri untuk sebuah syarat bagi generasi kita menemukan dan kenali jati dirinya melalui pendidikan, kita mesti dorong, karena dunia pendidikan sudah begitu jauh berkembang, pendidikan tidak menjadikan manusia seperti robot tetapi manusia yang memiliki kompetensi, kemampuan analisis dan melek teknologi" tegas Gubernur Laiskodat.

VBL mengingatkan bahwa pariwisata itu abstrak dan imajinatif, sehingga butuh manusia yang memiliki karakter spritual, Intelektual, jejaring sosial dan sehat barulah mampu mewujudkan kesejahteraan.

Sementara itu, Bupati Manggarai Barat, Edistasius Endi menyatakan sinergi pembangunan oleh Pemerintahan diperlukan untuk pengembangan sektor Pariwisata di Manggarai Barat dengan memperkuat skil SDM yang ada.

"Kalau Tahun ini bapak Gubernur meresmikan SMKN 3 Komodo, kami yakin 4 tahun ke depan kita bisa melihat anak-anak Manggarai Barat mampu bersaing dan berkontribusi terhadap industri pariwisata di Labuan Bajo sebagai destinasi pariwisata super premium," ungkapnya.

Ia menyadari, kewenangan sekolah Menengah menjadi kewenangan Pemerintah Provinsi secara administrasi tetapi dalam pelaksanaannya mari kita sinergi dan koordinasi untuk kemajuan Manggarai Barat karena tujuan kita sama yaitu mewujudkan kesejahteraan," harap Bupati Edi.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Ketua DPRD Kabupaten Manggarai Barat, Direktur Utama Bank NTT, Staf Khusus Gubernur, Pimpinan OPD Provinsi, Pimpinan OPD Kabupaten.