Plh Bupati OKU Tinjau Jalan Putus di Desa Kungkilan

Baturaja - Plh Bupati Ogan Komering Ulu (OKU) Edward Candra meninjau jalan yang terputus akibat intensitas hujan yang terus menerus sehingga mengakibatkan pergeseran tanah di Desa Kungkilan, Kecamatan Sosoh Buay Rayap, Selasa (25/5).

Putusnya jalan poros penghubung Baturaja dan Muara Dua ini akibat curah hujan yang cukup tinggi pada beberapa hari lalu menyebabkan pergeseran tanah dan mengakibatkan jalan ambles.

Amblesnya jalan tersebut lebih kurang sepanjang 400 meter, sehingga jalan provinsi dari dan menuju Baturaja-Muara Dua dan sekitarnya itu tidak bisa dilewati kendaraan roda empat, sedangkan untuk roda dua sementara ini sudah dialihkan kejalan alternatif yang berada di lokasi Tanah Omiba.

Pada kesempatan itu, Plh Bupati OKU Edward Candra mengatakan, peninjauan ini untuk mengetahui secara langsung mengenai kondisi jalan yang rusak.

"Setelah melihat langsung di lapangan, memang kondisi jalan tidak bisa dilalui kendaraan roda empat namun untuk kendaraan roda dua sudah dialihkan ke jalan alternatif," ujarnya.

"Untuk kedepannya sembari menunggu jalan diperbaiki kembali. Untungnya ada jalan alternatif menuju ke desa tapi perjalanannya cukup jauh karena jalannya memutar serta kondisi jalan yang agak licin sehingga masyarakat harus berhati-hati untuk melewatinya," lanjutnya.

Edward mengatakan, dirinya juga sudah melaporkan kerusakan tersebut ke Gubernur Sumsel Herman Deru dan berkoordinasi dengan Dinas PUPR Provinsi Sumsel dan pihak-pihak terkait lainnya termasuk pihak Puslatpur untuk pengajuan izin melalui lahan Omiba terkait untuk pembukaan jalan alternatif di lahan perkebunan warga sehingga diharapkan jalur transportasi kembali lancar sambil menunggu perbaikan jalan yang ambles.

Namun demikian, Edward juga berharap pihak Muspika, camat, danramil dan kapolsek serta kepala desa dan BPD dapat bersinergi berkoordinasi dengan semua pihak sehingga dapat memberikan izin terkait lahan pertaniannya yang dikelola oleh masyarakat untuk membantu kelancaran akibat dari pembuatan jalan alternantif tersebut.

Kepada masyarakat, Plh Bupati OKU juga berpesan agar terus siaga dan tetap waspada dalam kondisi situasi cuaca, angin kencang, hujan dan petir yang selalu datang tanpa diduga.