Pemkot Tomohon Dorong Pembudidaya Perikanan Manfaatkan Teknologi

Tomohon - Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretaris Daerah Kota Tomohon, Sulawesi Utara Enos Pontororing berharap pembudidaya perikanan memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan produksi.

"Sentuhan teknologi perikanan dan penerapannya akan memberikan hasil panen yang lebih baik sekaligus lebih efisiensi dan efektif," ujar Asisten Enos saat mengukuhkan kelompok pembudidaya ikan (Pokdakan) Masmur Kelurahan Woloan Tiga, Kecamatan Tomohon Barat, Selasa (26/5).

Apabila produktivitas meningkat, dia optimistis biaya produksi dapat ditekan, dan pendapatan pelaku usaha perikanan akan bertambah.

Perikanan budi daya merupakan salah satu komponen yang penting di sektor perikanan sebab berkaitan dengan perannya menunjang persediaan pangan masyarakat, penciptaan pendapatan dan lapangan pekerjaan serta mendatangkan penerimaan negara dari ekspor.

Karena itu,  perikanan di Indonesia khususnya Kota Tomohon tetap menjadi primadona dan sebagai tulang punggung perekonomian nasional maupun daerah.

"Pembangunan usaha perikanan selalu menjadi prioritas, termasuk Kota Tomohon yang menetapkan sektor ini sebagai salah satu sektor unggulan guna mendukung misi pemerintah dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat di berbagai sektor dan dalam rangka mewujudkan kedaulatan pangan," katanya.

Ia pun berharap keseriusan dan sumber daya manusia yaitu pelaku usaha perikanan dan penyuluh perikanan yang handal untuk mengelola sumber daya alam bagi kesejahteraan.

"Saat ini lahan perikanan semakin berkurang karena adanya kegiatan konversi lahan untuk pemenuhan kebutuhan hidup seperti pemukiman dan tempat usaha baru, kepariwisataan begitu juga dengan jumlah pertumbuhan penduduk yang terus bertambah," ujarnya.

"Upaya memaksimalkan fungsi lahan perikanan harus diprioritaskan guna memenuhi kebutuhan pangan lokal," katanya.

Karena itu dia berharap, kelompok pelaku usaha perikanan sebagai sumber daya manusia pengelola perikanan harus mendapat perhatian, arahan dan pendampingan agar termotivasi meningkatkan produktivitas, usaha dan hasil perikanan menuju tercapainya peningkatan kesejahteraan.