Wali Kota Tomohon Kukuhkan Sejumlah Poktan

Tomohon - Wali Kota Tomohon Caroll J.A Senduk mengukuhkan Kelompok Pertanian (Poktan) Banteng Victory, Poktan Milenial Batamang, dan kenaikan kelas Poktan Alfa Omega di Kelurahan Tumatangtang, Jumat (28/5).

Caroll, dalam sambutannya mengatakan pertanian menjadi andalan perekonomian di Provinsi Sulawesi Utara dan daerah sekitarnya. Oleh karena itu pembangunan pertanian selalu menjadi prioritas dan merupakan sektor unggulan yang mendukung perdagangan dan industri, serta kepariwisataan di dalam daerah maupun di luar daerah.

"Hal ini sesuai dengan Visi Tomohon Maju, Berdaya Saing dan Sejahtera, dengan Misi : Memajukan sistem pertanian dalam rangka mewujudkan kedaulatan pangan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat," ujar Caroll/

"Saya berharap dengan adanya kelompok-kelompok tani ini, secara otomatis juga turut serta membantu laju pertumbuhan pembangunan di Kota Tomohon, sehingga kemajuan perekonomiandaerah khususnya Kelurahan Tumatangtang dapat semakin memperkokoh ketahanan dan kedaulatan pangan dalam masyarakat.

Selanjutnya dalam kepengurusan kelompok tani, pesan Caroll, agar senantiasa memahami arah dan tujuan terbentuknya Poktan, diantaranya untuk lebih meningkatkan dan mengembangkan kemampuan anggota dan produktifitasnya, serta menjalankan fungsi utamanya sebagai wadah bersama bagi anggota untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan memanfaatkan teknologi pertanian untuk kehidupan yang lebih baik.

"Kelompok tani saat ini harus menanamkan filosofi berpikir produktif dalam menanam, selektif memilih jenis tanaman pertanian, varietas unggul dan prospek pasarnya cerah, serta mengolah dan memberdayaakan lahan-lahan tidur untuk ketahanan pangan, sehingga Poktan Banteng Victory, Alfa Omega dan Batamang benar-benar menjadi wadah bagi petani untuk memperoleh wawasan luas mengenai pertanian dengan penguasaan teknologi pertanian, akses pupuk dan permodalan serta pemasaran," ujarnya.

"Oleh karena itu dalam meningkatkan pertanian maka kita diharapkan untuk berkoordinasi dan bersinergi dengan Dinas Pertanian Kota Tomohon serta pihak-pihak terkait lainnya," sambungnya.

Hadir Wakil Ketua DPRD Kota Tomohon Johny Runtuwene, Kadis Pertanian dan Perikanan Daerah Kota Tomohon Steven Waworuntu, Camat Tomohon Selatan Stenly C. Mokorimban, serta anggota Kelompak Tani yang akan dikukuhkan.