Bupati Tanah Datar Pimpin Rapat Persiapan Penilaian Lomba Gerak PKK

Batusangkar - Bupati Tanah Datar Eka Putra meminta Organisasi Perangkat Daerah (OPD) saling bekerjasama dan mendukung program-program pemda, dan begitu juga terkait penilaian Nagari Gurun Kecamatan Sungai Tarab sebagai percontohan 10 Program Pokok PKK Tingkat Provinsi Sumatera Barat Tahun 2021.

“Saya berharap kita mendukung bersama agar Nagari Gurun menjadi terbaik di Provinsi Sumatera Barat sebagai nagari percontohan 10 Program Pokok PKK pada Lomba Gerak PKK Tahun 2021,” ucap Eka Putra, saat memimpin rapat evaluasi persiapan penilaian Lomba Gerak PKK Tingkat Provinsi Sumatera Barat, di Aula Kantor Bupati, Senin (31/5).

Dikatakan Eka, Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) sebagai mitra pemerintah juga sangat melekat dengan OPD, sehingga ini perlunya dukungan bersama, dari itu Bupati minta OPD fokus untuk menghadapinya.

“Sebelumnya TP PKK Tanah Datar pernah juara Nasional kategori UP2KPKK yaitu Nagari Situmbuak Kecamatan Salimpaung, dari itu mari kita bergerak bersama agar apa yang telah ditorehkan TP PKK sebelumnya dapat kita raih kembali dan kali ini Nagari Gurun yang kita usung, ayo bersama-sama kita dukung termasuk juga kecamatan dan nagari yang ada di Tanah Datar memberikan suport,” ujarnya.

Terkait pandemi COVID-19 yang masih belum juga reda, Bupati Eka Putra meminta di nagari-nagari ada bahwa ada rumah isolasi yang dapat menampung warga yang terpapar virus corona dengan status orang tanpa gejala (OTG) dan warga lain secara bersama-sama membantu kebutuhan makan dan minumnya.

Terkait izin keramaian pesta seperti di gedung atau di rumah-rumah masyarakat, Bupati Eka meminta untuk selalu menerapkam protokol kesehatan dan diatur sedemikian rupa, sehingga penyebaran COVID-19 itu dapat diantisipasi.

Sementara itu, Ketua TP PKK Tanah Datar Lise Eka Putra menyampaikan ucapan terima kasih atas dukungan OPD dan semua pihak yang telah membantu persiapan Nagari Gurun sebagai nagari percontohan di Provinsi Sumatera Barat.

“Terima kasih atas dukungan OPD dan semua pihak yang telah membantu mempersiapkan Nagari Gurun menghadapi lomba gerak PKK tahun ini, walau masih banyak yang harus kita benahi, semoga menjelang hari H nanti ini semua dapat kita finalkan dan Nagari Gurun bisa menjadi juara di Provinsi Sumatera Barat bahkan bisa menuju Nasional,” ucapnya.

Plt Sekda Tanah Datar Edi Susanto selaku moderator menyampaikan untuk kriteria penilaian dan keterlibatan OPD, ini harus betul-betul menjadi fokus dukungannya seperti salah satunya pada Pokja IV terkait kriteria Keluarga PKK Tanggap dan Tangguh Bencana (Gagah Bencana) peran perangkat daerah terkait sangat menentukan terkait SOP menghadapi bencana termasuk bencana non alam seperti pandemi COVID-19.

Edi Susanto juga berharap keterlibatan masing-masing OPD di empat pokja harus jelas dan di masing-masing kriteria penilaian sehingga dapat melengkapi kekurangan bobot yang dinilai.

Sebelumnya, Kepala Dinas PMDPPKB Tanah Datar Nofenril menyampaikan bahwa penilaian tahun ini tidak sama dengan tahun sebelumnya, jika tahun sebelumnya untuk lima kriteria penilaian di nagari yang berbeda, di tahun ini dipusatkan di satu nagari.

Lima bidang dan jenis yang dilombakan disampaikan Nofenril seperti Bidang Sekretariat meliputi Tertib Administrasi PKK dan Dasawisma, Pokja I Pola Asuh Anak Remaja di era Teknologi Informasi (PAAREDI), Pokja II Usaha Peningkatan dan Pendapatan Keluarga (UP2K), Pokja III Amalkan, Kukuhkan Halaman Asri Teratur Indah dan Nyaman PKK (Akuhatinya PKK) dan Pojka IV Keluarga PKK Tanggap dan Tangguh Bencana (Gagah Bencana).

Rapat evaluasi bersama OPD tersebut turut dihadiri Staf Ahli Bupati, Asisten, Camat se-Tanah Datar, Wakil Ketua TP PKK Tanah Datar Patty Richi Aprian dan undangan lainnya.