Pemkab Serang Serahkan Donasi untuk Palestina Melalui PMI

Serang - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang menyerahkan donasi kemanusiaan sebesar Rp275 juta untuk masyarakat Palestina melalui Palang Merah Indonesia (PMI). Donasi tersebut dihimpun dari aparatur sipil negara (ASN) Pemkab Serang dan masyarakat Kabupaten Serang.

Bantuan kemanusiaan tersebut diserahkan langsung oleh Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah kepada Ketua Umum PMI Jusuf Kalla di Jakarta, Rabu (2/6).

“Alhamdulillah, kami telah menyerahkan donasi melalui PMI yang dihimpun Pemkab Serang dari ASN dan masyarakat Kabupaten Serang. Ini adalah donasi kemanusiaan untuk masyarakat Palestina,” kata Tatu di Markas PMI, Jakarta.

Turut hadir, Sekda Kabupaten Serang Tb Entus Mahmud Sahiri, Inspektur Rahmat Jaya, Asda III Ida Nuraida, Kadindikbud Asep Nugrahajaya, Kepala BKPSDM Ishak Abdul Raup, Kadiskominfostik Anas Dwi Satya, dan Kabag Hukum Sugihardono. Turut menyaksikan, Sekjen PMI Pusat Sudirman Said.

Menurut Tatu, dana yang disalurkan merupakan bentuk kepedulian ASN Pemkab Serang beserta masyarakat Kabupaten Serang terhadap masyarakat Palestina yang terdampak konflik.

“Semoga bisa dimanfaatkan untuk membantu berbagai kebutuhan rakyat Palestina yang terdampak konflik,” ujar Ketua PMI Provinsi Banten ini.

Tatu menambahkan, PMI sebagai organisasi sosial punya jaringan internasional di semua negara untuk menyalurkan donasi kemanusiaan dari masyarakat.

“Saat ini, kami masih terus menghimpun donasi dari para ASN dan masyarakat Kabupaten Serang,” ujar Tatu.

Ketua Umum PMI Jusuf Kalla mengapresiasi Bupati Serang bersama ASN Pemkab Serang serta masyarakat Kabupaten Serang yang telah peduli terhadap masyarakat Palestina.

“Salam saya untuk para ASN dan masyarakat Kabupaten Serang. Ucapan terima kasih dan apresiasi kami sampaikan,” ujar pria yang akrab disapa JK ini.

Kata JK, donasi yang diberikan akan langsung disalurkan kepada masyarakat Palestina melalui organisasi Bulan Sabit Merah Palestina.

“Insya Allah, bantuan yang diterima dari pemerintah daerah dan masyarakat Kabupaten Serang, segera kami serahkan kepada organisasi Bulan Sabit Merah Palestina. Kami sering berkoordinasi dan saling membantu,” ujarnya.

Sekadar diketahui, donasi ASN dan masyarakat Kabupaten Serang merupakan tindaklanjut dari surat Bupati Serang Nomor 900/1502/Asda III/2021 perihal Donasi untuk Palestina tertanggal 19 Mei 2021. Surat tersebut berisi imbauan kepada ASN dan masyarakat untuk berdonasi dalam rangka membantu masyarakat Palestina yang terdampak konflik.

Sementara itu, Asda III Pemkab Serang Ida Nuraida menjelaskan, donasi kemanusiaan saat ini masih terus dihimpun dari ASN maupun masyarakat. Setelah melalui PMI, donasi selanjutnya akan disalurkan melalui ACT Serang Raya.

“Jumlah total donasi masih terus berkembang. Masih ada donasi yang akan masuk dari lima kecamatan, dan ada juga dinas yang belum,” ungkapnya.