Musrenbang, Bupati Banjar Tekankan Pentingnya Pemulihan Ekonomi

Martapura - Pemerintah Kabupaten Banjar melaksanakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) dalam rangka penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJMD) tahun 2021-2026 di salah satu hotel Kota Banjarbaru, Kamis (3/6) pagi.

Bupati Banjar Saidi Mansyur yang membuka kegiatan mengatakan, musrenbang dilaksanakan dalam suasana pandemi COVID-19 yang masih berlangsung,  maka dari itu dilakukan dengan peserta yang terbatas dan secara online.

Menurutnya, RPJMD sebagai dasar untuk melaksanakan program-program pembangunan selama lima tahun kedepan.

“Untuk itu saya memberikan apresiasi kepada seluruh Kepala SKPD sebagai tim penyusun RPJMD,” ujarnya.

Saidi Mansyur meminta seluruh pemangku kepentingan agar berkontribusi positif untuk pembangunan Kabupaten Banjar sesuai dengan visi dan misi Maju, Mandiri dan Agamis (Manis).

Dia berharap kepada Pemerintah Pusat melalui Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan untuk mendukung program dan anggaran dengan cakupan wilayah Kabupaten Banjar yang sangat luas.

”Isu strategis yang harus dituntaskan bersama-sama seperti pembangunan sumberdaya manusia. Dengan rumusan RPJMD yang baik dan konsisten Kabupaten Banjar bisa meningkat sumber daya manusianya,” ujarnya.

Begitu pula dengan masalah kemiskinan, pengangguran, pangan dan infrastruktur walaupun ada isu strategis lainnya yang perlu dituntaskan seperti tata kelola pemerintahan serta percepatan pembangunan infrastruktur strategis yang berdampak nasional maupun internasional dan yang sangat penting adalah pemulihan ekonomi akibat dampak pandemi COVID-19 serta bencana banjir yang dialami beberapa waktu lalu yang hampir seluruh wilayah Kabupaten Banjar yang terdampak.

Dikatakan Saidi, sumbangsih pemikiran yang konkrit berupa saran dan masukan dari akademisi, LSM, organisasi kemasyakataan, organisasi profesi untuk mendukung perencanaan pembangunan di Kabupaten Banjar serta dari dunia usaha atau swasta hendaknya selalu membangun pola kemitraan berupa dukungan investasi guna meningkatkan perekonomian daerah dan penyerapan tenaga kerja.