Pemkab Kubu Raya Permudah Warga Bayar PBB Bisa di Indomaret

Kubu Raya - Pemerintah Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat, bersama PT Fortuna Mediatama selaku pengelola Indomaret melakukan kerjasama untuk pembayaran pajak daerah secara online.

"Jadi, untuk membayar pajak masyarakat Kubu Raya sekarang sudah memiliki beberapa alternatif pembayaran, tidak perlu datang ke Badan Pengelolaan Pajak dan Retribusi Daerah (BPPRD) tetapi bisa langsung melalui Bank Kalbar dan sekarang sudah bisa di Indomaret," kata Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan di Sungai Raya, Kamis (3/6).

Muda mengatakan, kerjasama yang dilakukan dengan PT Fortuna Media untuk mempersingkat waktu dan juga sekaligus membiasakan masyarakat untuk melakukan pembayaran non-tunai.

"Selain bisa menggunakan cara yang konvensional, masyarakat juga bisa membayar secara online, saya yakin lambat laun masyarakat kita akan mengarah kepada pembayaran non-tunai," katanya.

Menurutnya, hal ini menjadi langkah bagi Kubu Raya untuk mengintensifkan pendapatan daerah dari sektor pajak. Dia yakin, dengan banyaknya kemudahan yang diberikan kepada masyarakat, maka pendapatan dari sektor pajak juga bisa lebih optimal.

"Jika pendapatan daerah kita meningkat, tentu anggaran yang ada bisa digunakan untuk program-program langsung menyentuh masyarakat luas seperti pada infastruktur maupun semua program-program pemberdayaan yang menyangkut pelayanan kepada pemerintah Kubu Raya," kata Muda.

Dia berharap, cara ini bisa menjadi inovasi dan lompatan bagi Pemkab Kubu Raya agar PAD dari sektor pajak bisa terus meningkat setiap tahunnya.

"Sesuai perkembangan jaman, kita harus bisa memanfaatkan teknologi dan kecepatan serta memberikan kemudahan bagi masyarakat," tuturnya.

Ditempat yang sama, Direktur Utama PT Fortuna Mediatama, Surkamto Bernat mengatakan pihaknya menyambut baik kerjasama tersebut, mengingat di Kubu Raya juga Indomaret sudah memiliki banyak gerai dan dekat dengan masyarakat, sehingga masyarakat akan lebih mudah dalam melakukan pembayaran pajak.

"Kami berharap berbagai kemudahan dan inovasi yang dilakukan oleh Pemkab Kubu Raya ini bisa memberikan manfaat bagi masyarakat," kata Surkamto.

Surkamto menambahkan, pembayaran PBB di Indomaret yang sudah dilakukan Kubu Raya ini merupakan kabupaten pertama di Kalbar.

"Sampai saat ini hanya Kubu Raya satu-satunya kabupaten di Kalbar yang memudahkan masyarakatnya bayar pajak melalui Indomaret sedangkan untuk di Indonesia pembayaran PBB melalui Indomaret ini sudah dilakukan di kabupaten Tangerang, Jakarta dan beberapa kabupaten/kota di pulau Jawa", jelasnya.