Bupati Tanah Datar Tingkatkan Sinergi dengan BPS

Batusangkar - Bupati Tanah Datar Eka Putra menerima kunjungan silaturahmi dari Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Tanah Datar, Kamis (3/6).

Dalam kesempatan itu, Bupati Eka Putra berharap pertemuan ini semakin meningkatnya sinergitas antarinstitusi.

“Pemerintah daerah dan BPS harus saling memperkuat kerjasama dan sinergi terutama sinergi data sebagai pijakan untuk perencanaan yang berkualitas,” ucap bupati.

Ke depan, Bupati Eka juga berharap pembaharuan data (update) hingga tingkat nagari menjadi perhatian.

“Update data hingga tingkat nagari perlu dilakukan,sehingga membantu BPS menjalakan tugasnya. Jika ini dilakukan bisa memetakan potensi nagari,” terangnya lagi.

Bupati Eka juga minta perangkat daerah agar kooperatif dan komunikatif untuk memenuhi kebutuhan data yang diperlukan BPS.

Senada dengan itu, Plt Kepala BPS Tanah Datar Januarto Wibowo terus berharap dukungan pemerintah daerah untuk BPS.

“BPS siap menjadi mitra pemerintah daerah sesuai tugasnya yang kami emban,” ujar Januarto ditemani jajaran BPS Tanah Datar.

Apalagi saat ini, sampai Januarto, BPS sedang melakukan pendataan Potensi Desa (Podes) 2021.

“Podes 2021 merupakan pendataan ketersediaan infrastruktur dan potensi yang dimiliki wilayah administrasi setingkat desa/nagari, kecamatan dan kabupaten,” jelasnya.

Januarto sebutkan ketersediaan data, konsisten data dan responden menjadi tantangan dan permasalahan yang harus diselesaikan bersama.