Pemkab Muara Enim dan Polda Sumsel Bahas Pembangunan RS Bhayangkara II

Muara Enim - Tim Polda Sumatera Selatan yang dipimpin oleh Kepala Biro Perencanaan dan Anggaran (Karorena), Kombes Pol Agus Santosa diterima secara langsung oleh Pj Bupati Muara Enim Nasrun Umar, di Ruang Kerja Bupati Muara Enim, Rabu (3/6).

Kunjungan ini dimaksudkan sebagai tindak lanjut rencana Polda Sumatera Selatan membangun Rumah Sakit Bhayangkara II di lokasi hibah tanah dari Pemkab Muara Enim yaitu di Tebing Taik Sapi, Kelurahan Pasar I, Kecamatan Muara Enim.

Karorena Polda Sumatera Selatan yang hadir bersama Kapolres Muara Enim AKBP Danny Sianipar, Kabag. Pengadaan, Biro Logistik AKBP Yunizar, dan Karumkit Bhayangkara Mohammad Hasan Palembang AKBP Wahono Edhi, menyampaikan maksud kunker tim yang dipimpinnya adalah untuk menindaklanjuti maksud baik Pemkab Muara Enim yang telah menghibahkan lahan untuk lokasi pembangunan Rumah Sakit Bhayangkara kedua di wilayah hukum Polda Sumatera Selatan.

Ditambahkan Agus bahwa Polri dalam hal ini Polda Sumsel membangun RS ini nantinya tidak hanya untuk melayani anggota Polri yang berasal dari beberapa Polres wilayah terdekat seperti Muara Enim, Pali, Lahat, Empat Lawang dan linggau, namun juga melayani masyarakat umum. Hal ini dilakukan sebagai perwujudan kontribusi kepada masyarakat sesuai dengan program Kapolri, Jenderal Listyo Sigit Prabowo yakni Presisi (prediktif, responsibilitas, dan transparansi berkeadilan).

"Dan juga sebagai alternatif layanan kesehatan bagi masyarakat karena baik dari segi wilayah maupun sebaran jumlah penduduk, provinsi Sumatera Selatan memang membutuhkan faskes yang mumpuni. terkait dipilihnya Muara Enim sebagai lokasi rumah sakit karena posisi strategis yang berada di jantung Provinsi Sumatera Selatan serta ditambah dengan komitmen dan dukungan oleh Pemkab Muara Enim," tutupnya.

Di sisi lain, Pj Bupati yang didampingi oleh Pj Sekretaris Daerah Emran Tabrani juga menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Polda Sumsel karena telah berkenan membangun RS Bhayangkara di wilayah Kabupaten Muara Enim yang tentu nantinya memiliki manfaat yang sangat besar bagi pelayanan kesehatan masyarakat khususnya masyarakat Muara Enim.

"Pembangunan RS Bhayangkara kedua di Polda Sumsel ini akan menjadi alternatif layanan kesehatan yang berkualitas bagi masyarakat Muara Enim," pungkasnya.

Pria yang akrab disapa HNU juga menyampaikan komitmen Pemkab Muara Enim dalam mendukung rencana pembangunan Rumah Sakit Bhayangkara di Kabupaten Muara Enim.

"Sebagai bukti keseriusan mendukung rencana tersebut, Pemkab Muara Enim akan menghibahkan lahan seluas 5 hektar yang berlokasi di Tebing Taik Sapi, Kelurahan Pasar I, Kecamatan Muara Enim yang sangat strategis karena akan menghubungkan ibu kota kabupaten dengan akses jalan tol serta jalan lingkar menuju Kecamatan Lubai dan DesaTanjung Lalang," ujar HNU.