Ketua TP-PKK Kabupaten Ciamis Serahkan Penghargaan Pemenang Lomba Posyandu

Ciamis - Ketua TP-PKK Kabupaten Ciamis Kania Ernawati Herdiat menyerahkan penghargaan dan apresiasi kepada pemenang lomba Posyandu tingkat kecamatan se-Kabupaten Ciamis di Aula Gedung PKK Desa Cisaga, Jumat, (4/6).

Pada kesempatan tersebut, Kania memberikan penghargaan sekaligus apresiasi kepada para pemenang posyandu di eks Kawedanan Rancah meliputi Kecamatan Cisaga, Rancah, Tambaksari, Sukadana dan Rajadesa.

Adapun para pemenang lomba posyandu di eks Kawedanan Rancah adalah Posyandu Dahlia Desa Bangunharja Cisaga, Posyandu Dahlia Desa Bojonggedang Rancah, Posyandu Tunas Harapan Desa Karangpaningal Tambaksari, Posyandu Anggrek 1 Desa Cipargi Sukadana dan Posyandu Melati Putih Desa Sukaharja Rajadesa.

Kania juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh camat, kepala desa, Pokjanal kecamatan, kader posyandu dan seluruh pihak yang terlibat dan telah bekerja sama dalam acara lomba posyandu tingkat Kabupaten Ciamis tahun 2021.

“Hal ini merupakan momen kebanggaan bagi kita semua dalam upaya memotivasi kinerja pelayanan dan fungsi posyandu menuju posyandu multifungsi yang lebih baik dan lebih maju,” ujarnya.

Meskipun dalam keadaan pandemi seperti saat ini, Kania mengatakan, keberadaan posyandu janganlah dijadikan halangan untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

“Justru harus menjadi garda terdepan agar mampu memberikan rasa aman, nyaman pada masyarakat melalui inovasi-inovasi yang diberikan. Kami berharap para pemenang dari kejuaraan lomba posyandu ini dapat memberikan motivasi pada posyandu-posyandu lainnya,” harapnya.

Lanjut Kania, Posyandu merupakan salah satu Upaya Kesehatan Bersumber Daya Masyarakat (UKBM) yang dikelola dan diselenggarakan dari, oleh, untuk dan bersama masyarakat dalam penyelenggaraan pembangunan kesehatan guna memberdayakan masyarakat dan memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam memperoleh pelayanan kesehatan dasar, jelasnya.

“Untuk itu betapa pentingnya peran posyandu bagi masyarakat,” tegasnya.

Kania menambahkanbahwa saat ini seiring perkembangan kebijakan, strategi, dan pendekatan pengelolaan kesehatan masyarakat, keberadaan posyandu mengalami pasang surut. kemudian lahir konsep revitalisasi Posyandu, dan pendekatan lainnya, yang pada dasarnya kesemuanya bermuara pada pemahaman akan pentingnya peran Posyandu sebagai ujung tombak penggerakan dan pelayanan kesehatan masyarakat.

Terakhir, Kania mengimbau kepada seluruh kepala desa, kepala dusun dapat bersama-sama dengan kader posyandu dan petugas kesehatan menggalakan kegiatan posyandu di dusun atau di desa sehingga kegiatan posyandu dapat terselenggara secara kontinyu dan manfaatnya dapat dirasakan oleh seluruh masyarakat.

Sementara itu, Ketua Panitia Dania Rahayu mengatakan, tujuan penyelenggaraan kegiatan hari ini adalah untuk memberikan penghargaan dan apresiasi berupa kadeudeuh dari ibu Bupati Ciamis kepada para kader posyandu pemenang lomba posyandu juara 1,2,3 tingkat kecamatan.

"Selain itu agar menambah semangat dan memotivasi untuk lebih baik lagi dalam pelaksanaan-pelayanan posyandu serta peningkatan kegiatan posyandu menjadi meningkat sebagai posyandu yang terintegrasi dengan segala bidang atau posyandu multifungsi," jelasnya.