Evaluasi KLA, Pemkab Ciamis Gelar Verifikasi Lapangan Hybrid

Ciamis - Pemerintah Kabupaten Ciamis melalui Dinas P2KBP3A menggelar Evaluasi Kabupaten Layak Anak (KLA) dengan menggelar Verifikasi Lapangan Hybrid bersama seluruh OPD yang dilaksanakan di Aula Bappeda, Jumat (4/6).

Kepala Dinas P2KBP3A Dian Budiana mengatakan, gugus tugas memiliki peran penting dalam mewujudkan Kabupaten Layak Anak, yang mana dalam hal ini adalah seluruh OPD yang ada.

Menurutnya, penilaian ini merupakan penilaian Kabupaten, sehingga sehinggga seluruh OPD berperan aktif dalam klaster-klaster sesuai arah kewenangannya.

Sementara itum Kasi Pemberdayaan Perempuan Dinas P2KBP3A Erni Mulyaningsih menegaskan kembali bahwa KLA adalah sistem pembangunan kabupaten/kota yang mengintegrasikan komitmen dan sumber daya pemerintah, masyarakat dan dunia usaha yang terencana secara menyeluruh dan berkelanjutan dalam kebijakan, program dan kegiatan untuk pemenuhan hak-hak anak.

"Dalam mencapai itu semua ada pembagian per klaster yang meliputi beberapa kelembagaan," ujarnya.

Adapun, jelasnya, klaster 1 yaitu hak sipil dan kebebasan, klaster 2 adalah lingkungan keluarga dan pengasuhan alternatif, klaster ke 3 adalah kesehatan dasar dan kesejahteraan, klaster ke 4 adalah pendidikan pemanfaatan waktu luang dan kegiatan seni budaya, dan klaster 5 yaitu perlindugan khusus.

"Dari 5 klaster tersebut, Kabupaten Ciamis terbagi lagi didalamnya mencakup jadi 24 indikator KLA Kabupaten Ciamis tahun 2021," tambahnya.

Ia menginformasikan bahwa Senin (7/6) akan dilakukan verifikasi secara online yang mana dari ke 5 klaster tersebut akan kita tampilkan dan beberapa kolom pertanyaan di dalamnya harus dapat di isi atau terjawab dengan tepat oleh tiap OPD sesuai lokusnya.

Terakhir, Erni berharap semoga hasilnya nanti nilai KLA di Kabupaten Ciamis bisa terus meningkat.