Bupati Kubu Raya Apresiasi KRTV Festival 2020 Berlangsung Sukses

Kubu Raya - Perhelatan "Kubu Raya Traveler Vlog Festival 2020" telah sukses digelar. Festival yang bertujuan mengangkat potensi-potensi wisata di Kubu Raya melalui media informasi kreatif tersebut sukses menghimpun 89 vlog karya peserta.

Ungkapan apresiasi disampaikan langsung oleh Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan. Ia menyebut seluruh peserta KRTV Festival 2020 sebagai pejuang.

"Karena mampu untuk menggali potensi desa, kebudayaan, keberagaman, keunikan, kekhasan, dan juga emosional kebatinan desa dan menampilkannya di vlog yang dibuat," tuturnya dalam keterangan tertulis, Selasa (10/3). 

Menurut Muda, hal itulah yang sesungguhnya menjadi substansi pelaksanaan KRTV Festival 2020, alih-alih sekadar berjualan destinasi wisata.

Festival, menurut Muda, sekaligus pembuktian kemampuan anak-anak muda Kubu Raya dalam membangun dan memperkuat daya tarik daerah menjadi magnet wisata dengan cara integrasi dan kolaborasi yang kerap disebut sebagai sistem k"epung bakul".

"Inilah yang kita harapkan, yaitu anak-anak muda yang kaya ide dan mampu berpikir menembus zaman. Ini yang kita butuhkan saat ini," jelasnya.

Muda mengatakan saat ini ada tren kembali ke alam, di mana wisatawan ingin menikmati orisinalitas alam, menikmati panorama sekaligus menyesap suasana kebatinan masyarakat di desa, karena itu sangat penting untuk menyiapkan masyarakat desa agar juga mampu berpikir visioner.

"Ini menjadi tren wisata belakangan ini, orang-orang sudah suntuk dengan situasi kota yang serba melihat benda mati. Tapi di perkampungan, semuanya melihat bagaimana alam dan suasana batin," jelasnya.

Terkait pelaksanaan KRTV Festival 2020, Muda menyebutnya sebagai upaya membuka ruang keterlibatan untuk kaum muda ikut mempromosikan potensi pariwisata daerah.

Menurutnya, era digital serba cepat sangat membutuhkan keterlibatan anak-anak muda, karena itu pemerintah harus membuka ruang kreasi sebagai peluang untuk produktivitas kaum muda.

Pemerintah daerah, disebutnya, sangat memerlukan ide-ide segar generasi muda terdidik.

"Alhamdulillah ada antusiasme luar biasa dari para peserta. Aktualisasi yang betul-betul menggambarkan bagaimana Kubu Raya punya aset alam dan keberagaman budaya yang membanggakan," ucapnya.