19 Poktan di Tabalong Terima Bantuan Bibit Bawang dan Cabai dari Kementan

Tabalong - Dinas Pertanian Kabupaten Tabalong, Provinsi Kalimantan Selatan bersiap menyalurkan bantuan sarana produksi pertanian hortikultura dari Kementerian Pertanian RI tahun 2021. Bantuan saprodi pertanian tersebut disiapkan untuk membantu perekonomian masyarakat.

Bantuan saprodi hortikultura meliputi bibit dan pupuk yang diprioritaskan bagi kelompok tani (Poktan) horti. Bibit yang disiapkan berupa bibit bawang merah yang disediakan untuk lahan 15 hektar, serta bibit berbagai jenis cabai untuk lahan seluas 25 hektar.

Kepala bidang hortikultura Distan Tabalong Suhadi menjelaskan, bantuan ditargetkan bagi 19 kelompok tani di Tabalong, syarat untuk mendapatkan bantuan ini ditujukan bagi Poktan atau gabungan kelompok tani yang dalam satu desa memiliki lahan minimal 10 hektar.

“Kebijakan Kementerian Pertanian itu kan pertama kalau ingin mendapatkan bantuan pertama, kelompok tani harus terdaftar di semlotan, kedua, memiliki kawasan 10 hektar per desa, jadi bisa beberapa kelompok tani tetapi itu mewajibkan 10 hektar per desa, kelompok tani bina rukun sudah 5 hektar jadi kita ini bisa menjadi pertimbangan kita yang cukup besar karena tinggal mencari 5 hektar dari kelompok tani yang lain.” Kata Kabid Hortikultura Distan Kabupaten Tabalong Suhadi.

Suhadi berharap bantuan ini dapat berdampak pada kestabilan harga di pasaran, pasalnya cabai dan bawang merupakan komoditas yang sering mempengaruhi inflasi di Tabalong dan sekitar.