Dinkes Kota Kediri Buka Pendaftaran Vaksinasi Lansia dan Pra Lansia

Kediri - Memasuki Bulan Vaksinasi, Dinas Kesehatan Kota Kediri membuka pendaftaran pemberian vaksin COVID-19 bagi warga lanjut usia (lansia) dan pra lansia.

"Lansia dengan kriteria usia 60 tahun ke atas dan pra lansia dalam rentang umur 50-60 tahun silakan bisa mendaftarkan diri untuk mendapatkan jatah vaksin," ungkap Kepala Dinas Kesehatan Kota Kediri Fauzan Adima, Jumat (4/6).

Selain itu, Fauzan juga mengatakan bahwa keluarga dari lansia juga disilahkan untuk mendaftarkan diri.

"Selain lansia, keluarga dari lansia yang tinggal serumah juga bisa mendaftarkan diri untuk mengikuti vaksinasi di bulan Juni ini," imbuh Fauzan.

Sementara itu, Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Dinas Kesehatan Kota Kediri Alfan Sugiyanto mengatakan bahwa vaksin yang digunakan untuk menvaksin lansia dan keluarganya tersebut, menggunakan vaksin jenis Sinovac.

"Bukan Astrazeneca, vaksin untuk para lansia ini akan menggunakan jenis Sinovac," ujar Alfan.

Di samping itu, Alfan juga menjelaskan bagaimana cara mendaftar dalam program vaksinasi di bulan vaksinasi ini. Menurutnya, masyarakat yang hendak mendaftar, supaya memastikan telah memenuhi persyaratan.

"Syaratnya adalah warga asli Kota Kediri yang telah lansia, pra lansia dan keluarga lansia yang tinggal serumah dengan lansia, selain itu pastikan untuk menyiapkan fotokopi kartu keluarga dan KTP," tandasnya.

Sedangkan untuk pendaftaran bisa menghubungi RT/RW setempat lengkap dengan persyaratan yang diwajibkan. Selain itu, pendaftar juga bisa melakukan registrasi melalui laman http://bit.ly/VaksinasiLansiaKotaKediri dan mengisi form yang tercantum didalamnya.

Adapun pendaftaran vaksinasi bagi lansia ini, menurut Alfan, jika telah memenuhi target pendaftar, layanan dapat ditutup sewaktu-waktu, sesuai ketersediaan dari dosis vaksin. "Bagi masyarakat yang memiliki pertanyaan atau masih bingung, Dinas Kesehatan Kota Kediri membuka layanan kontak person melalui nomer 082140069681 (Meylani)," pungkasnya.