Sekda Tanah Datar: Forum Perangkat Daerah Bahas Program Prioritas

Tanah Datar - Forum Perangkat Daerah merupakan kegiatan strategis guna membahas rencana kerja perangkat daerah dengan memperhatikan program prioritas, usulan program, kegiatan yang telah dibahas dan disepakati pada saat Musrenbang kecamatan.

Hal itu disampaikan Bupati Tanah Datar yang diwakili Sekretaris Daerah Irwandi saat membuka acara itu secara resmi Forum Perangkat Daerah Kabupaten Tanah Datar 2020 di Aula Kantor Bupati, Batusangkar, Selasa (10/3).

Terlaksananya Forum Perangkat Daerah 2020, dijelaskan Irwandi, bertujuan untuk menyelaraskan program dan kegiatan antarperangkat daerah dalam rangka optimalisasi pencapaian sasaran sesuai dengan kewenangan serta sinergitas pelaksanaan prioritas pembangunan daerah.

"Forum Perangkat Daerah ini salah satu rangkaian proses penyusunan dokumen RKPD Kabupaten Tanah Datar tahun 2021 untuk menjawab dan mengatasi permasalahan yang dihadapi oleh daerah," ujar Irwandi.

Di kesempatan itu, Irwandi mengutarakan bahwa kondisi di tahun terakhir RPJMD Kabupaten Tanah Datar, telah banyak keberhasilan tercapai dan dirasakan langsung oleh masyarakat, ini dapat dilihat dari indikator ekonomi yang secara umum mengalami peningkatan serta perbaikan di setiap tahunnya.

"Pemerintah daerah terus berupaya meningkatkan pembangunan masyarakat di berbagai sektor, untuk percepatannya kerjasama dari seluruh perangkat daerah sangat diperlukan guna mewujudkan sikronisasi di setiap program dan kegiatannya," ujar Irwandi.

Sementara itu, Kepala Baperlitbang Alfian Jamrah melaporkan bahwa kegiatan Forum Perangkat Daerah 2020 dilaksanakan selama 2 hari dan dibagi di beberapa tempat Aula Kantor Bupati, Aula eksekutif kantor Bupati dan Aula Baperlitbang kabupaten Tanah Datar.

"Peserta dilibatkan ke dalam sidang kelompok dikemas dalam bentuk paparan dan diskusi yang terbagi kedalam 4 kelompok, masing-masing kelompok tergabung dalam bidang ekonomi, bidang sosial dan budaya A, bidang sosial dan budaya B dan kelompok fisik prasarana," ujar Alfian.

Turut hadir dalam Forum Perangkat Daerah 2020, Ketua DPRD Tanah Datar Roni Mulyadi Dt. Bungsu, Asisten Pemerintahan dan Kesra Suhermen, Asisten Ekobag Edi Susanto, Staf Ahli Bupati Bidang Poltik, Hukum dan Pemerintahan Nuryeddisman, dan para kepala OPD, serta camat.