Tahura Sultan Adam Mandiangin Kembali Dibuka Mulai Besok

Martapura – Setelah ditutup sejak pandemi COVID-19, objek wisata Kalsel Taman Hutan Rakyat (Tahura) Sultan Adam di Mandiangin, Kabupaten Banjar akan kembali dibuka bagi wisatawan pada Jumat (11/6).

Plt Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Kalimantan Selatan Fatimatuzzahra membenarkan rencana dibukanya kembali wisata Kalsel Tahura Sultan Adam di Mandiangin.

"Kawasan wisata alam Tahura dibuka kembali pada masa adaptasi kebiasaan baru pada hari Jumat 11 Juni 2021. Setelah lama ditutup, Tahura melakukan adaptasi kebiasaan baru dengan adanya beberapa perubahan untuk masuk ke Tahura," jelasnya.

Ia menjelaskan, tiket masuk ke lokasi wisata misalnya hanya bisa dilakukan secara daring atau booking online melalui situs http://bit.ly/Registrasi-Online-Tahura-SA dengan jumlah pengunjung dibatasi.

"Jumlah kuota pengunjung yang disepakati adalah 500 orang per hari atau 50 persen daya dukung atau daya tampung," terang Aya, panggilan akrabnya Kamis (10/6).

Selain itu, pihaknya akan tugaskan petugas lapangan setiap 30 menit sekali untuk memonitor supaya tidak ada penumpukan orang atau kerumunan serta sebagai upaya pencegahan karhutla.

"Pengunjung juga wajib menerapkan prosedur protokol kesehatan dan akan diawasi secara ketat. Jika tidak membawa masker maka harus membeli masker yang disediakan di pos masuk ke Tahura. Sarana cuci tangan juga sudah disediakan," ujarnya.

Tak hanya itu, tambahnya, waktu kunjungan para pengunjung dibatasi, dari jam 8 pagi hingga jam 6 sore, dan untuk kegiatan camping atau menginap tidak diperkenankan.