Pemkab Tanah Laut Gelar Workshop Pengelolaan Keuangan BLUD

Pelaihari - Pemerintah Kabupaten Tanah Laut menggelar Workshop Implementasi Pedoman Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) resmi dibuka Bupati Tanah Laut yang diwakili Sekretaris Daerah (Sekda) Dahnial Kifli di Balairung Tuntung Pandang, Jumat (11/6).

Implementasi pedoman yang dimaksud yaitu dalam bentuk Aplikasi E-BLUD pada Unit Pelaksana Teknis di Kabupaten Tanah Laut. Aplikasi ini nantinya akan mempermudah para pelaksana teknis dalam mengelola keuangan BLUD, mengingat BLUD merupakan badan layanan yang akan memiliki sistem keuangan yang berbeda dengan sistem sebelum resmi menjadi BLUD.

Peserta yang hadir merupakan perwakilan dari 19 Puskesmas dan dua rumah sakit yaitu K.H Mansyur Kintap dan RSUD H. Boejasin yang saat ini sudah resmi berubah menjadi BLUD.

Dalam sambutannya, Bupati melalui Sekda Tala Dahnial Kifli memberikan semangat kepada seluruh peserta untuk memahami pembaharuan sistem dalam mengelola keuangan BLUD.

Diharapkan Dahnial, nantinya seluruh BLUD di Kabupaten Tanah Laut memiliki standar yang sama dalam pengelolaan keuangan BLUD.

"Hari ini kita samakan persepsi," ujarnya.

Ia menambahkan, sumber daya manusia juga ditegaskan kembali agar dapat dipilih yang berkompeten agar pengelolaan keuangan dapat dipertanggungjawabkan.

"Pilih bendahara-bendahara yang baik, utamakan kalau di Puskesmas ada lulusan dari jurusan akuntansi," tegas sekda.