DPRKPLH Tanah Laut Gelar Sosialisasi Pengelolaan Sampah

Takisung - Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (DPRKPLH) menggelar sosialisasi pengelolaan sampah melalui Bank Sampah, dalam rangkaian kegiatan Manunggal Tuntung Pandang di Desa Benua Tengah, Kecamatan Takisung, Kabupaten Tanah Laut (Tala), Kalimantan Selatan, Jumat (11/6).

Sosialisasi ini diberikan dengan tujuan sampah-sampah yang selama ini hanya dibiarkan bisa diolah menjadi barang daur ulang yang bermanfaat atau bernilai ekonomis. Selain itu diberikan pula materi cara pembuatan pupuk organik cair, dengan bahan baku limbah rumah tangga seperti sampah sisa sayur dan buah-buahan.

Kepala Seksi Penegakan Lingkungan Hidup DPRKPLH Tala Ilyas berharap Desa Benua Tengah bisa lebih memilah dan memilih sampah agar sampah bisa dikelola dengan baik.

"Kami sangat berharap kepedulian masyarakat tentang sampah yang ada disekitar kita itu bisa diolah dengan baik agar tidak ada pencemaran lingkungan karena sampah bisa berkurang, karena dengan pengolahan sampah yang benar, dan bisa memunculkan produk baru yang tidak menutup kemungkinan menjadi peluang usaha," ujar Ilyas.

Selain itu, Ilyas juga berharap setelah adanya koordinasi dengan aparatur Desa Banua tengah agar segera memiliki Bank Sampah, sehingga kedepannya melalui sampah terjadi perputaran ekonomi yang memadai untuk masyarakat sekitar.