MTQ ke-IV Tingkat Kecamatan Poto Tano Sumbawa Barat Resmi Dibuka


Sumbawa Barat - Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-IV Tingkat Kecamatan Poto Tano Tahun 2020 resmi dibuka oleh Camat Poto Tano, Agusman, Rabu (11/3).





Ajang MTQ yang diikuti oleh 82 peserta dari seluruh desa di Kecamatan Poto Tano mengangkat tema "Dengan Semangat MTQ, Kita Tingkatkan Tuntas Baca Al Quran (TBA) di Kabupaten Sumbawa Barat (KSB)".

Dalam sambutannya, Camat Poto Tano Agusman mengatakan, MTQ menjadi wadah bagi masyarakat untuk dapat meningkatkan semangat dan motifasi, bukan saja bagi para pejabat dan aparatur, tetapi bagi seluruh lapisan masyarakat di KSB untuk senantiasa belajar membaca Al Quran.

"Ini mempunyai pengaruh positif yang luar biasa juga bagi kalangan ibu-ibu di setiap lingkungan untuk belajar mengaji dengan membentuk kelompok pengajian TBA yang didampingi oleh para trainer dan ustadz ataupun para guru mengaji yang ada di lingkungan masing-masing," kata camat yang akrab dipanggil Daeng Agus.

Menurutnya, tidak ada kata terlambat untuk membangun diri dan keluarga untuk membumikan program pemerintah daerah.





"Bersama TP PKK, mari kita bersama-sama membangun komunikasi dan bergerak untuk menjadi pioner dalam menuntaskan baca Al Quran di tengah masyarakat," tuturnya.

Didalam pelaksanaan MTQ, tambahnya, ada tujuan yang dapat dicapai seperti dapat memelihara, mengembangkan, dan meningkatkan pengetahuan, pemahaman, penghayatan serta penyebarluasan Al Quran di tengah-tengah masyarakat.

"Al Quran sebagai spirit dalam membangun desa, daerah dan nasional melalui pendekatan Agama," ungkapnya.

Selain itu, ujarnya, Al Quran dapat memberikan manfaat bagi masyarakat dalam implementasi di kehidupan sehari-hari.





"Mari kita lestarikan budaya baca Al Quran sebagai amalan kesehatan dan solusi dari permasalahan degradasi moral yang sedang marak terjadi," katanya.

Pada kesempatan tersebut, Daeng Agus berharap para peserta lomba MTQ benar-benar serius memperbaiki prestasi maupun peringkat juara di antara 8 kecamatan di KSB yang akan berkompetisi nantinya di tingkat Kabupaten.

"Tetap semangat, berusaha dan sportif. Insya Allah jika kita melakukan dengan ikhlas, jujur dan sungguh-sungguh maka hasilnya akan kita dapati," ucapnya.





Adapun rincian peserta MTQ adalah, 34 peserta Tartil, 19 peserta Tilawah anak-anak, 5 peserta Tilawah remaja, 6 peserta Tilawah Dewasa, 9 peserta Tahfiz 1 Juz, dan 9 peserta Syarhil.