Tingkatkan Hasil Tangkapan, Pemkab Sumbawa Barat Beri Bantuan Sampan Nelayan

Sumbawa Barat - Untuk meningkatkan produksi hasil tangkap nelayan, Dinas Perikanan Kabupaten Sumbawa Barat, Provinsi Nusa Tenggara Barat, akan memberikan bantuan sampan lengkap dengan peralatannya kepada sembilan kelompok nelayan.

Bantuan yang akan diberikan oleh Dinas Perikanan tersebut berasal dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Kementerian Kelautan dan Perikanan sebesar Rp1.030.000.000.

Kepala Dinas Perikanan KSB Mansyur Sofian di Taliwang, Rabu (11/3), mengatakan, sembilan kelompok nelayan yang akan menerima bantuan nantinya sudah diverifikasi terlebih dahulu oleh penyuluh perikanan lapangan (PPL).

"PPL telah memverifikasi Sembilan kelompok tersebut, itulah kelompok yang kami berikan bantuan sampan lengkap," katanya.

Kelompok-kelompok tersebut berada di beberapa kecamatan di antaranya Sekongkang, Taliwang, Jereweh dan Kecamatan Poto Tano.

Ia menuturkan, kelompok yang mendapatkan dana DAK tidak sembarangan, karena diverifikasi ketat oleh PPL, memiliki kelompok usaha bersama dan masuk dalam kartu pelaku usaha perikanan (Kusuka).

"Saat ini prosesnya administrasinya sedang berjalan dan menunggu tender," katanya.

Dia berharap kepada kelompok nelayan yang mendapatkan bantuan agar memanfaatkannya sebaik mungkin, tidak dipindahtangankan, dipelihara dan semoga produksi nelayan semakin banyak.

Sementara itu, Kepala bidang Perikanan Tangkap Arkamuddin menjelaskan bahwa pada tahun ini pemerintah daerah juga memberikan bantuan sampan ke nelayan yaitu berupa sampan laut dan sampan danau.

Sesuai permintaan yang masuk ke Dinas Perikanan, telah dialokasikan sampan danau sebanyak 8 unit dan sampan laut sebanyak 33 unit.