Bupati Banjar Serahkan Bantuan Korban Angin Puting Beliung

Martapura, – Bupati Banjar Saidi Mansyur meninjau sekaligus pemberian bantuan untuk para korban bencana angin puting beliung di Desa Penggalaman, Kecamatan Martapura Barat, Sabtu (12/6) siang.

Bupati Saidi Mansyur mengatakan, atas nama pemerintah daerah turut berduka cita atas bencana angin puting beliung yang melanda, dan meminta kepada para korban untuk tabah dan sabar.

Menurut Saidi, bantuan yang diberikan walaupun tidak bisa menyelesaikan masalah, namun setidaknya dapat mengurangi beban para korban yang terdampak bencana.

“Tetap sabar dan mudah mudahan dibalik kejadian ini ada hikmahnya ada hal yang lebih baik lagi yang akan hadir, diharapkan bantuan yang diberikan dapat dimanfaatkan sebaik baiknya,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Provinsi Kalimantan Selatan Siti Nuriyani mengatakan akan mengupayakan memberikan bantuan dalam bentuk bahan bangunan rumah kerjasama dengan Kementerian Sosial.

“Kami upayakan memintakan bantuan dari Kementrian Sosial dalam bentuk bahan bangunan untuk rumah, mudah-mudahan bisa disetujui oleh Kementrian bisa langsung kita kerjakan asalkan ada data,” ucapnya.

Sementara itu, Nur Ifansyah selaku Pembakal Desa setempat menjelaskan, sebanyak 26 rumah terdampak akibat bencana angin puting beliung yang terjadi Jumat sekitar pukul 16.00 Wita.

”Ada telepon dari RT bahwasanya ada hujan deras dan angin kencang, Saya update lagi ke lokasi ternyata ada 26 rumah rusak terdiri dari 31 KK dan 71 jiwa, 15 rusak berat, 5 rusak sedang dan 6 rusak ringan," jelas Ifansyah.

Bantuan yang diberikan berupa paket sembako, peralatan protokol kesehatan COVID-19, perlengkapan permainan anak dan dari Baznas berupa uang tunai.

Kegiatan penyerahan bantuan tersebut juga dihadiri Wakil Bupati Banjar Said Idrus Al-Habsyie, Kepala Pelaksana BPBD Banjar Irwan Kumar, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Banjar Ahmadi, Camat Martapura Barat Rabani, Kapolsek Martapura Barat, Kepala Cabang Bank KalSel Martapura, Babinsa dan para relawan.