Plh Bupati Rohul Tinjau Vaksinasi di Desa Puo Raya

Rohul – Plh Bupati Rokan Hulu (Rohul) Abdul Haris, Sabtu (12/6) siang, melakukan peninjauan vaksinasi di Desa Puo Raya, Kecamatan Tandun, yang hingga kini capaiannya telah mencapai 37.000 orang.

Dalam peninjauan itu, Plh Bupati Rohul juga didampingi Camat Tandun M. Rodi, Kapolsek Tandun AKP S. Sinaga, Kepala Desa Puo Raya Yasrijon, Petugas Kesehatan dari Puskesmas Tandun dan masyarakat.

Abdul Haris mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah ikut berpartisipasi dalam mensukseskan program pemerintah, pelaksanaan vaksinasi untuk mencegah penularan COVID-19 khususnya di Desa Puo Raya.

“Kita terima kasih kepada Pak Camat, Kepala Desa Puo Raya, Kapolsek yang telah mendukung pelaksanaan Vaksinasi di Desa Puo Raya atas inisiatif dari kepala Puskesmas beserta jajarannya melaksanakan vaksinasi hari ini kita laksanakan di rumah ibadah di gereja yang berada di Desa Puo Raya,” kata Abdul Haris.

Dari pemantauan vaksinasi, diakui Abdul Haris, tingkat antusias masyarakat untuk divaksinasi cukup tinggi, terlihat dari daftar hadir berjumlah 70 orang, tentunya ini akan memperluas cakupan vaksin di Rohul

“Kita berharap kepada seluruh masyarakat Rokan Hulu untuk bersama-sama seperti masyarakat di Puo Raya ini untuk berlomba-lomba ingin divaksin, bahkan tadi warga rela mengantre,” terang Haris

“Apa yang kita lihat hari ini di Desa Puo Raya nanti bisa dilakukan juga di tempat lain di Rohul ini tentunya menjamin tercapainya cakupan vaksinasi di Kabupaten Rokan Hulu,” sambungnya.

Dijelaskan Haris, capaian vaksin Rokan Hulu saat ini mencapai di 37.000 masyarakat yang divaksin, yang menjadi sasaran pokok masih lansia, tenaga pendidik, ASN dan juga pelayanan publik.

“Termasuk sebenarnya nanti kita berharap masyarakat yang hari ini selalu berhadapan dengan orang lain dalam hal seperti berdagang dan sebagainya ini juga menjadi sasaran yang kita kejar hari ini,” ujarnya

“Termasuk juga tentunya masyarakat kita yang mobilitasnya tinggi, jadi kita lakukan seperti di Desa Puo Raya ini perlintasan ke Pekanbaru-Bangkinang-Sumbar, semuanya lewat disini, tentunya semua masyarakat akan berbaur dengan masyarakat lain, sehingga masyarakat disini di prioritaskan untuk mendapat vaksinasi,” lanjut Haris

Di tempat yang sama, Kepala Desa Puo Raya Yasrijon mengatakan, upaya mengejar target pelaksanaan vaksin untuk Lansia terus dilaksanakan. Pemdes Puo Raya siap memfasilitasi vaksinasi COVID-19 untuk menyukseskan program vaksinasi kepada lansia.

“Kita ingin mengejar target vaksin untuk lansia di Desa Puo Raya agar bisa maksimal. Maka dari ini Pemerintah Desa Puo Raya terus mensosialisasikan kepada warga untuk mendapatkan vaksin COVID-19,” katanya.

Yasrijon mengaku, bahwa vaksinasi dilaksanakan masyarakat Puo Raya sangat antusias msyarakat untuk mendapatkan vaksin ini dan melakukan antrian dengan tertib sesuai prokes.

"Alhamdulillah warga kami hari ini sangat antusias dan penuh semangat dalam kegiatan vaksin lansia hari ini. Mereka sudah menyadari tentang manfaat divaksin ini. Terlihat dari semangat kehadiran dan tertibnya antrian untuk divaksin," tutur Yasrijon.

Ia berharap kegiatan vaksinasi lansia hari ini agar masyarakat lebih menyadari akan pentingnya menjaga kesehatan, terutama dalam menjaga kekebalan tubuh agar terhidar dari penularan COVID-19.

"Kami berharap agar kegiatan ini bisa memberikan kesadaran kepada masyarakat untuk selalu mematuhi protokol kesehatan, walaupun sudah divaksin dan memahami akan pentingnya kesehatan sekaligus menyadari bahwa ternyata Pemerintah itu sangat perhatian dan peduli dengan masyarakatnya," pungkasnya.

Yasrijon juga menghimbau kepada warga khususnya Lansia untuk bisa ikut vaksinasi dan memberikan edukasi kepada warga lainnya agar tetap bisa mendapatkan vaksin karena target utamanya saat ini baru untuk lansia.

“Selain memberikan imbauan kepada lansia untuk ikut program vaksinasi, bersama perangkat desa memperketat pengawasan dalam penerapan prokes,” pungkasnya.