Diskominfo Ciamis - Fisip Unigal Kerjasama Program Desa ID dan KIM

Ciamis - Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Ciamis dan Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (Fisip) Universitas Galuh (Unigal) menandatangani kerjasama di aula kampus setempat, Senin (14/6).

Terdapat dua program yang strategis yang sejajar dengan program Fisip, diantaranya penguatan program Desa ID atau Sistem Informasi Desa (SID) dan program Kelompok Informasi Masyarakat (KIM).

Dekan Fakultas Fisip Unigal Aan Anwar Sihabudin menuturkan bahwa kerjasama ini adalan suatu anugerah bagi kampusnya.

"Saya mengucapkan banyak terima kasih atas kesediaan kedatangan dari rombongan Diskominfo Ciamis dalam memenuhi pertemuan untuk kerjasama mewujudkan penguatan Desa ID atau program SID dan KIM," ujarnya.

"Karena kami mengetahui bahwasa saat ini semua jenis pelayanan sudah serba teknologi," tambah Aan.

Aan menyampaikan bahwa dalam kerjasama ini merupakan salah satu langkah kami yang mana ini juga berkaitan dengan apa yang akan dilakukan atau di implementasikan dengan program yang ada oleh mahasiswa nanti di lapangan.

"Kami siap berkerjasama dengan Diskominfo, ini adalah langkah yang luar biasa, dengan keberadaan Diskominfo maupun Fisip juga para mahasiswa untuk mewujudkan program-program nantinya sehingga bisa dikembangkan," ucap Aan.

Menurutnya, sekarang ini proses perkuliahan juga dilaksanakan dengan tidak tatap muka, artinya pesan maupun program yang akan kami masukan akan cepat sampai nantinya dengan terobosan dan kerjasama dengan pihak Diskominfo terutamanya mungkin dalam segi jaringan.

"Fisip ini di arahkan kepada tata kelola Pemerintahan Desa, tentunya pelayanan di desa dengan sumber daya manusia yang sudah mempuni maka tidak menutup kemungkinan program-program pemerintah yang sudah ada dapat di implementasikan dengan lebih maksimal nantinya oleh mahasiswa dan pihak desa di masing-masing desa," paparnya.

Dalam kebersamaan ini, Dekan Fisip mengharapkan adanya saling membantu, berkolaborasi sehingga untuk kebutuhan mahasiswa nantinya dapat di bantu oleh pihak Diskominfo dalam program maupun pesan yang akan di sampaikan.

"Kami pihak fisip menyatakan siap untuk saling membantu program-program pemerintahan," tegas Aan.

Sementara, Kadis Kominfo Ciamis Dondon mengatakan, Diskominfo sangat mengapresiasi dan menyambut baik, dimana kerjasama demi kepentingan pemerintah daerah yakni dengan sama-sama ingin mewujudkan visi dan misi Kabupaten Ciamis yaitu mantapnya kemandirian ekonomi dan sejahtera untuk semua.

"Dengan kemitraan ini, saya berharap anak-anak kita menjadi semakin pintar, dan kami sebagai pelayan masyarakat harus selalu terdepan," imbuh Dondon.

Dondon juga menekankan bahwa yang terutama dan yang terpenting adalah bagaimana kita dapat mengimplementasikan dan meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat.

"Semoga nanti pelaksanaanya dapat berjalan lancar dan manfaatnya dapat dirasakan oleh masyarakat, kita bisa bergandengan tangan bersama bahu-membahu merealisasikan semua program-program baik dari pemerintahan maupun dari Fisip Unigal," tandasnya.