Wabup Pringsewu Hadiri Karya Bakti dan Baksos Denpom II/3 Lampung

Pringsewu - Detasemen Polisi Militer (Denpom) II/3 Lampung melaksanakan kegiatan Karya Bakti dan Bakti Sosial yang dipusatkan di Tugu Monumen Gajah Mada, Pekon Panggungrejo, Kecamatan Sukoharjo, Kabupaten Pringsewu, Senin (14/6), yang juga dihadiri Wakil Bupati Fauzi.

Komandan Detasemen Polisi Militer II/3 Lampung Letkol CPM. Hanri mengatakan, dirinya sengaja datang ke Tugu Monumen Gajah Mada Panggungrejo Pringsewu untuk mengingat perjuangan Mustaja, sebab karena berkat perjuangannya, Korps Polisi Militer ada di Lampung.

"Waktu masa perjuangan dulu, masih gabungan Kompi C Garuda, yang semua komposisinya adalah Polisi Militer dan bertahan di daerah Panggungrejo," katanya.

Hanri juga mengungkapkan, hubungan antara Gajah Mada dengan Polisi Militer, serta sejarah digunakannya simbol Gajah Mada oleh Corps Polisi Militer.

"Awal mula sesepuh-sesepuh Polisi Militer pada saat mau mencari Panca Dharma Corps, saat bersemedi terdengar suara Gajah Mada yang mengatakan mengenai Panca Dharma yaitu Kesatria, Bijaksana, Pantang mundur, Kebesaran hati dan Kejujuran. Sehingga Panca Dharma tersebut diambil oleh sesepuh Polisi Militer, serta dijadikan sebagai Panca Dharma Corps Polisi Militer," ungkapnya.

"Kepada Wakil Bupati Pringsewu, saya berharap Panggungrejo bisa dijadikan daerah binaan khusus. Kegiatan Karya Bakti dan Bakti Sosial dalam rangka HUT Polisi Militer di lokasi ini terakhir dilaksanakan pada tahun 1997 dan kembali dilaksanakan pada tahun ini. Maka dari itu, mulai saat ini saya canangkan, setiap HUT Polisi Militer kita wajib untuk datang ke Tugu Gajah Mada dan melaksanakan Karya Bakti serta Bakti Sosial di Panggungrejo. Tugu ini juga akan menjadi catatan generasi Polisi Militer, kalau di Jawa Timur punya Trowulan, maka di Lampung punya Panggungrejo. Ini akan menjadi sejarah terus menerus, dan setiap tahun pada peringatan HUT Polisi Militer, kita akan datang ke Panggungrejo, Pringsewu ini", tandasnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Pringsewu Fauzi sangat mendukung diselenggarakannya kegiatan Karya Bakti dan Bakti Sosial Detasemen Polisi Militer II/3 Lampung, serta menyatakan senang dan bangga.

"Monumen Tugu Gajah Mada yang ada di pekon Panggungrejo melambangkan keterpaduan TNI dan masyarakat, serta sebagai bukti atas sejarah perjuangan kemerdekaan pada waktu itu. Maka dari itu, saya juga mengajak kepada seluruh OPD terkait untuk menjadi perhatian kita bersama bahwa ada catatan bersejarah di Pekon Panggungrejo ini, semangat kebersamaan, persatuan manunggal TNI dan rakyat," ujar Fauzi.