Tim Provinsi Lakukan Penilaian Lima PKK Nagari di Tanah Datar

Tanah Datar - Wakil Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Sumatera Barat Wartawati Nasrul Abit bersama rombongan mengunjungi Kabupaten Tanah Datar dalam rangka penilaian Lomba Gerakan PKK Tahun 2020 Tingkat Provinsi Sumbar, Kamis (12/3).

Wartawati Nasrul Abit mengatakan, kegiatan penilaian tersebut dalam rangka mendorong TP-PKK di setiap daerah agar melakukan pembinaan secara berjenjang hingga ke tingkat dasawisma dalam melaksanakan 10 program pokok PKK.

Wartawati menambahkan, kategori yang dinilai dalam lomba gerakan PKK adalah tertib administrasi, pola asuh anak dan remaja, upaya peningkatan pendapatan keluarga (UP2K), halaman asri teratur indah dan nyaman (Hatinya PKK), dan pelaksanaan IVA test.

"Hasil pembinaan dari masing-masing daerah inilah yang hari ini kami nilai. Daerah yang terpilih sebagai yang terbaik,\ nantinya akan mewakili Sumatera Barat di tingkat nasional," kata Wartawati di Nagari Gurun Sungai Tarab

Selain itu, ujarnya, lomba tersebut juga untuk mempererat silaturahmi dan rasa kebersamaan antar sesama TP-PKK di seluruh kabupaten dan kota di Sumbar.

"Yang tidak kalah pentingnya, dengan adanya penilaian yang dilakukan setiap tahun ini, kita berharap kader PKK mampu memahami seluruh program secara komprehensif," katanya.

Sementara itu, Bupati Tanah Datar yang diwakili Sekretaris Daerah Irwandi menyebutkan, yang terpenting dalam pelaksanaan lomba gerakan PKK adalah membangun kesadaran tantang program-program di tengah masyarakat.

"10 program pokok PKK hendaknya terimplementasi di tengah-tengah masyarakat, tidak hanya ketika ada lomba saja, karena manfaatnya juga akan dirasakan oleh kader sendiri," kata Irwandi.

Dia berharap agar TP-PKK diisi dan disinkronkan dengan program-program konkrit yang ada pada Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

"Dengan adanya sinkronisasi program dan kerjasama yang baik dengan OPD terkait, kami yakin PKK akan berjalan dengan baik," ujarnya.

Sementaraitu, Ketua TP-PKK Tanah Datar Emi Irdinansyah mengungkapkan, saat ini Tanah Datar diwakili oleh lima nagari mengikuti lima program yang dilombakan dalam lomba Gerakan PKK 2020.

Lima nagari yang dinilai, yakni Nagari Taluak Lintau Buo Utara (tertib administrasi), Nagari Andaleh Baruh Bukik Sungayang (pola asuh anak dan remaja), Nagari III Koto Rambatan Usaha (peningkatan pendapatan keluarga/UP2K), Nagari Gurun Sungai Tarab (Hatinya PKK), dan Nagari Jaho X Koto (IVA test).