Tinjau Tambak Udang di Tulang Bawang, Menteri Trenggono Beri Bantuan Eskavator

Tulang Bawang - Bupati Tulang Bawang Winarti menerima Kunjungan Kerja Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono di tambak udang Bumi Dipasena, Kecamatan Rawa Jitu Timur, Kabupaten Tulang Bawang, Provinsi Lampung, Selasa (15/6).

Menteri Trenggono didampingi oleh Plt Dirjen Perikanan Budidaya TB. Harry Rahayu, Ketua Komisi IV DPR RI Sudin, Deputi Bidang Koordinasi Sumber Daya Maritim Kemenko Kemaritiman dan Investasi Safri Burhanudin, Plt Asisten Perekonomian dan Pembangunan Provinsi Lampung Kusnardi, dan Forkompinda Kabupaten Tulang Bawang, dan Ketua P3UW Suratman.

Dalam kesempatan ini, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) juga memberikan bantuan satu unit eskavator long arm kepada P3UW.

Pada kesempatan tersebut, Menteri Kelautan dan Perikanan bersama Gubernur Lampung yang diwakili oleh Plt Asisten Bidang perekonomian dan Bupati Tulang Bawang langsung menerima aspirasi-aspirasi, serta melakukan diskusi panel bersama para petambak.

Beberapa aspirasi dan pertanyaan yang disampaikan perwakilan petambak udang dijawab langsung oleh Menteri Trenggono langsung diantaranya mengenai persyaratan agar terwujud budidaya tambak yang baik yaitu dengan adanya irigasi air yang baik, instalasi pengolahan limbah, dan pembangunan kincir angin di setiap tambak.

Kemudian infrastruktur lainnya sebagai pendukung yaitu pabrik pakan, bibit yang tersedia, laboratorium untuk menangani penyakit, ketersediaan pembeli secara transparan.

“Solusi untuk memajukan petambak udang di Bumi Dipasena ini harus gotong royong bersama-sama dengan semua pihak terkait. Ini merupakan salah satu solusi yang terbaik. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal harus ada solusi yang menyeluruh dan ketika nanti saya kembali ke Jakarta permasalahan tersebut akan dicarikan solusi." Ujar Bapak Menteri Kelautan dan Perikanan.

Sementara itu, Bupati Tulang Bawang Winarti mengatakan bahwa salah satu faktor pendukung untuk pertumbuhan ekonomi tidak luput dari pembangunan infrastruktur jalan.

"Saat ini  jalan nasional sepanjang 61 km dari Kecamatan Simpang Penawar sampai Rawa Jitu Selatan sudah dalam proses pengerjaan," ujar Winarti .

Winarti berharap pertumbuhan ekonomi Kabupaten Tulang Bawang semakin meningkat dengan hadirnya infrastruktur jalan ini.

“Saya juga sangat berterima kasih atas bantuan eskavator dan mengapresiasi kedatangan Bapak Menteri KKP dan ketua Komisi IV DPR RI yang sudah datang mendengarkan aspirasi dan men-support para petambak Bumi Pasena,” ujarnya.