Ketua TP PKK Banjar Minta BPD Bersinergi dengan Aparatur Desa

Martapura  - Ketua TP PKK Kabupaten Banjar Nurgita Tiyas meminta anggota Badan Permusyawaratan Desa ( BPD ) bersinergi dengan aparatur desa untuk memajukan dan membangun desanya masing-masing.

Demikian diungkapkan Nurgita Tiyas saat menjadi narasumber dalam Pelatihan Peningkatan Kapasitas  BPD  Se Kabupaten Banjar 2021, yang diselenggarakan oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa ( PMD ) Banjar, dengan tema “ Sinergitas Program Gerakan Bina Masyarakat Desa Berkualitas dan Unggul Demi Mewujudkan Kabupaten Banjar Maju Mandiri dan Agamis (GITAKU  MANIS)“ di Aula Kantor  Dinas Pendidikan Desa Bincau Martapura, Selasa (15/6).

Nurgita Tiyas mengatakan, sinergitas antara anggota BPD dan aparatur desa penting untuk mewujudkan masyarakat desa yang maju, mandiri dan agamis ( Manis ).

”Kami menginginkan para anggota BPD yang hadir hari ini bersinergi bersama sama melakukan perubahan di desa  ke arah yang lebih baik dengan menyesuaikan kebutuhan di desa. Contohnya di Kecamatan Aranio yang berupaya peningkatan  potensi pariwisata dan perikanannya. Juga di Kecamatan Cintapuri Darussalam untuk menjaga persatuan  dalam menentukan target-target strategis dalam penggunaan dana desa,” ujar Nurgita.

Dikatakan, TP PKK Kabupaten Banjar akan berupaya semaksimal mungkin menyerap segala aspirasi warga dalam kemajuan pembangunan di desa hingga pelosok daerah.

”Merupakan cita-cita saya bisa dekat dengan masyarakat dan memberikan inspirasi bagi anak muda untuk cinta daerahnya.  Doakan dengan kepemimpinan H. Saidi Mansyur dan H. Said Idrus bisa membawa perubahan yang positif bagi daerah Kabupaten Banjar ke depannya,” pintanya.

Sementara itu, Kepala Dinas PMD Banjar Syahrialuddin yang membuka resmi pelatihan ini mengatakan, kegiatan ini  bertujuan meningkatkan pengetahuan, pemahaman dan koordinasi antar kepala desa dengan BPD dalam melaksanakan tugas dan peran masing masing, sehingga dapat mewujudkan pemerintahan desa yang bersih dan transparan.

Selain Ketua TP PKK Kabupaten Banjar, narasumber lainnya yang juga memberikan materinya dalam pelatihan tersebut Kepala Bidang Pemerintahan Desa dan Kelurahan M. Sonwani Agus dan Kepala Seksi Penataan Desa Siti Aisyah.