Wabup Pringsewu Terima Audiensi PAEI

Pringsewu - Perhimpunan Ahli Epidemiologi Indonesia (PAEI) melakukan audiensi dengan Wakil Bupati Pringsewu Fauzi, di Ruang Rapat Sekdakab setempat, Rabu (16/6).

Audiensi ini dalam rangka pendampingan teknis PAEI dalam kegiatan Tim Surveilans Epidemiologi untuk pengendalian COVID-19 di lima provinsi terpilih, yakni Lampung, NTT, Gorontalo, dan Sulawesi Tenggara dan Sulawesi Tengah.

Turut menghadiri dari Perhimpunan ahli epidemiologi indonesia (PAEI) yaitu Ketua Umum PAEI Hariadi Wibisono, Sekretaris Umum PAEI Abdurahman Rachim, Ketua Umum PAEI Cabang Lampung Ismen Mochtar, Direktur CDC Indonesia Bill Hawley, Safety Net Indonesia Arte, dan Kabid Kesmas Dinkes Pringsewu Rahmadi beserta 13 kepala UPT Puskesmas se-Kabupaten Pringsewu.

Wabup Fauzi, dalam sambutannya menyambut baik peranan serta tujuan PAEI untuk mengurangi laju penularan COVID-19 di Kabupaten Pringsewu.

"PAEI bersama-sama terus melakukan hal terbaik untuk pencegahan virus corona, menjaga sinergitas membantu pemerintah dalam penguatan kinerja teman-teman di puskesmas, yang diharapkam mampu sebanyak mungkin bisa menemukan semua kasus COVID-19 di wilayah masing-masing untuk memutus sumber penularan ini yang harus bersama dihindari," ujar Fauzi.

Sementara itu, Ketua Umum PAEI Hariadi mengatakan bahwa beberapa kegiatan yang akan dilaksanakan PAEI adalah advokasi dan sosialisasi proyek kepada pemprov dan Dinas Kesehatan provinsi, kabupaten/kota.

"Melakukan assessment pre dan post terhadap kapasitas tenaga Surveilans serta pencegahan dan pengendalian infeksi (PPI) di rumah sakit, membangun sistem online pendataan PE dan pemantauan kontak erat, memberi pelatihan manajemen dan analisis data surveilans COVID-19, memfasilitasi penyediaan 13 UN Standard Boxes untuk keperluan transportasi spesimen COVID-19, memfasilitasi pelatihan PPI dan manajemen spesimen COVID-19 kepada tenaga kesehatan, Survei KAP PPI terhadap tenaga kesehatan rumah sakit dan puskesmas," jelasnya.