Ketua Dekranasda Pangkep Buka Pelatihan Kerajinan di Balocci

Pangkep – Ketua Dekranasda Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan Nurlita Wulan Purnama membuka kegiatan pelatihan kerajinan tangan dari bambu yang digelar oleh Majelis Taklim Kelurahan Balleanging, Kecamatan Balocci, Rabu (16/6).

Pelatihan tersebut diikuti sekitar 50 orang ibu rumah tangga, pokmas bersahaja dan remaja dari komunitas pajokka Balocci.

Camat Balocci Jaenal Sanusi menyampaikan, kegiatan ini untuk mengasah dan melatih kemampuan masyarakat desa untuk lebih kreatif dalam memanfaatkan potensi sumber daya alam seperti bambu yang ada di Desa Balleanging.

Sementara itu, Ketua Dekranasda Pangkep menyampaikan apresiasi atas kegiatan pelatihan kerajinan bambu yang digelar oleh Majelis Taklim Kelurahan Balleanging.

“Kegiatan ini sangat baik, saya berharap kerajinan ini nanti bisa mendorong peningkatan ekonomi warga. Untuk hasil dari kerajinan, Dekranasda Pangkep siap menampung dan mempromosikan hasil dari produk kerajinan yang diproduksi oleh masyarakat,” kata Nurlita.

Ia juga berharap kegiatan ini bisa menjadi contoh bagi kelurahan lain untuk mengembangkan kerajinan yang memanfaatkan potensi lokal.

Nurlita juga menyampaikan bahwa Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) mempunyai satu tugas utama yaitu memajukan kerajinan daerah dan tugas ini akan dilaksanakan dengan berbagai program pembinaan, fasilitas bagi para pengrajin melalui proses produksi, pelestarian karakteristik budaya dan peningkatan mutu serta pemasaran produksi.

Melalui pelatihan ini, Nurlita menginginkan dapat meningkatkan nilai jual dari setiap produk kerajinan tangan yang dihasilkan. Sehingga tidak hanya dipasarkan pada tingkat lokal, akan tetapi sudah bisa bersaing dipasarkan di tingkat regional, nasional bahkan internasional.

“Saya berharap pelatihan ini akan lebih mengasah keterampilan yang sudah dimiliki para peserta. Pelatihan ini diharapkan ada inovasi yg muncul demi kemajuan dari hasil kerajianan yang dihasilkan,” ungkapnya.