Buka Sosialisasi Kearsipan, Kadis Erizal Ramli : Tata Kelola Kearsipan Penting Untuk Mendukung Tata Kelola Pemerintahan Yang Baik.

Batusangkar - Masih banyak yang menganggap bahwa sebuah arsip bukan hal yang penting. Padahal arsip ini mempunyai peranan penting dan vital terhadap pengelolaan sebuah organisasi ataupun pemerintahan.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Tanah Datar Erizal Ramli, pada acara sosialisasi dan pembekalan kearsipan bagi Kasubag Umum serta Pengelola Arsip di Lingkungan Pemerintah Daerah, di Depo Kantor Psanusarsi, (17/6).

"Arsip itu penting sebagai pusat ingatan, sumber informasi, alat pengawasan dalam kegiatan pengawasan ataupun untuk bahan pengambilan keputusan," kata Erizal Ramli.

Tidak hanya itu saja, tambahnya, sebuah arsip bahkan bisa merupakan alat bukti hukum, pengingat sejarah ataupun sebagai perlindungan hak keperdataan rakyat.

"Melihat begitu penting dan vitalnya peranan arsip itu, kita ingin pengelolaan arsip dilaksanakan dengan baik dan sesuai dengan kaidah kearsipan, sehingga arsip bisa hadir kapan saja ketika diperlukan, karena tata kelola kearsipan penting untuk mendukung tata kelola pemerintahan yang baik" tambahnya.

Tentunya hal itu bisa dicapai, ujar Erizal, ketika penataan arsip di masing-masing instansi tidak sekedar disimpan atau ditumpuk begitu saja.

"Saat ini masih cukup banyak instansi yang mengelola arsip belum sesuai yang semestinya, karenanya selepas sosialisasi ini setidaknya bisa menambah informasi tentang kearsipan dan mengaplikasikannya di tempat kerja masing-masing," ujarnya.

Senada dengan hal itu, Kasi Pengawasan Kearsipan Yetti Asben didampingi Kasi Pengelolaan Arsip Fatmawati menyampaikan, sosialisasi ini dilaksanakan dalam rangka persiapan tim audit internal Tanah Datar yang direncanakan akan menunjungi organisasi perangkat daerah.

"Direncanakan dari 21 Juni - 8 Juli 2021, tim dari Dinas Pusarsip akan turun mengawasi ataupun audit pelaksanaan kearsipan di masing-masing OPD. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas kearsipan di lingkungan Pemda Tanah Datar," ujarnya.

Tentunya, tambah Yetti, dirinya berharap komitmen dari OPD melalui Kasubag Umum ataupun pengelola arsip untuk turut mendukung kegiatan ini.

"Pengelolaan yang baik memang harus kita lakukan, karena memang sebuah arsip itu sangat penting sekali perananannya. Jangan hanya ketika bermasalah baru menyadari betapa arsip itu penting, namun mari dari awal kita kelola dengan baik arsip ini, demi kebaikan kita semua," ujarnya.