Pemprov Kepri Optimistis Capaian Vaksinasi Sesuai Target

Natuna - Pemprov Kepulauan Riau optimistis pelaksanaan vaksinasi dapat menjadi langkah yang efektif untuk mengurangi penyebaran virus COVID-19. Hingga saat ini target vaksinasi di Kepri secara keseluruhan kabupaten/kota telah mencapai 39 persen.

Sekda T.S Arif Fadillah yang juga mejabat sebagai ketua Satgas Provinsi Kepri menjelaskan distribusi vaksinasi dari Kementerian Kesehatan menjadi prioritas utama.

“Pemerintah terus mendorong masyarakat untuk bersedia divaksinasi, sesuai dengan amanah yang diberikan oleh gubernur bahwa akhir Juni ini target kita 50 persen dari jumlah masyarakat Kepri harus sudah divaksinasi. Untuk mencapai target tersebut kami melakukan pengawasan dan koordinasi setiap hari agar target ini dapat tercapai. Perlu kita ketahui Kepri adalah salah satu wilayah prioritas dari Kementerian Kesehatan. Kita harap privillage ini dapat kita maksimalkan sebaik mungkin dan semua pihak dapat mengambil bagian untuk menyukseskan vaksinasi ini," ujar Arif Fadillah pada Kamis,l (17/6).

 

Lebih lanjut Arif Fadillah mengimbau kepada masyarakat untuk dapat mengikuti program vaksinasi yang telah diberikan oleh pemerintah. Ia mengatakan, kerja keras pemerintah dan semua pihak tidak akan sukses tanpa adanya partisipasi dan kesadaran masyarakat untuk mengikuti proses vaksinasi.

 

“Kami berharap masyarakat dapat mengikuti program vaksiansi ini sesuai dengan prosedur, agar dapat membangun syistem immune sehingga dapat meminimalisir resiko terkena virus covid 19. Kami sadar bahwa kerja keras pemerintah dan semua pihak yang sedang berjuang untuk menghentikan rantai penyebaran virus covid 19, akan sia sia jika tidak adanya kesadaran dan partisipasi dari masyarakat itu sendiri” Tambah Arif Fadillah.

Arif Fadillah juga menyampaikan saat ini masing masing Kabupaten/Kota masih jauh dibawah target yang harus dicapai. Pemprov Kepri melalui Satgas Kepri terus melakukan koordinasi dan pengawasan guna mencapai target yang telah di tetapkan.

“Berdasarkan data realisasi terbaru mengenai perkembangan kasus COVID-19 di Kepulauan Riau pada 15 Juni 2021. Vaksinasi di Kota Tanjungpinang sudah mencapai 37,15 persen, Bintan 36, 94 persen, Batam 23,75 persen, Karimun 22,99 persen, Anambas 23,21 persen, Natuna 24 persen, dan Lingga 18,29 persen. Dari data tersebut kita masih jauh dari pencapaian target provinsi ataupun daerah, kita harap pemerintah dimasing masing daerah dapat menyusun strategi bagaimana target 50 persen dapat tercapai dan jika ditemukan kendala silahkan berkoordinasi dengan pihak terkait untuk sama sama menemukan solusi,” jelas Arif fadillah.

Pemprov Kepri berharap proses vaksinasi ini dapat berjalan lancar dan masyarakat tidak terpengaruh dengan berita hoaks yang beredar terkait vaksinasi. Pemerintah juga akan terus mengawasi distribusi dan pelaksanaan proses vaksinasi di masing-masing kabupaten/kota.