Gandeng Perusahaan, Pemkab Rohul Pacu Pembangunan Infrastruktur

Rohul – Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR) Rokan Hulu (Rohul) berkolaborasi dengan perusahaan di wilayah Rohul untuk memacu pembangunan insfrastruktur.

Kerjasama ini tertuang dalam penandatanganan Nota Kesepahaman Tanggungjawab Sosial Perusahaan (TJSP) bidang infrastruktur (jalan, jembatan dan irigasi) antara Dinas PUPR Rohul dengan PT Torganda, PT Persada Inti Sawit Perkasa (PT PISP) dan PT Bank Riau Kepri yang berlangsung di ruang Dinas PUPR Rohul, Kamis (17/6).

Penandatanganan MoU ini disaksikan Plh Bupati Rohul Abdul Haris, Kadis PUPR Rohul Anton, Humas PT Torganda Wilayah Riau Sariman Siregar, Kasi Operasional BRK M. Fajri, Kabag Adwil M. Franovandi, Kabid e-Gov Diskominfo Rohul M. Yudi Arfian, dan beberapa perwakilan OPD.

Plh Bupati Rohul Abdul Haris mengatakan, MoU untuk pembangunan infrastruktur ini merupakan inovasi dan terobosan Dinas PUPR yang patut diapresiasi dengan menggandeng perusahaan-perusahaan di Rohul.

"Ini sebuah inovasi-inovasi yang masih baru dilakukan oleh Dinas PUPR Rohul melalui Pak Kadis PUPR Rohul, perusahaan-perusahaan yang ada di Rohul terutama hari ini dihadiri PT Torganda, Bank Riau Kepri, PT PISP, bagaimana berpartisipasi melaksanakan TJSP yang mungkin sifatnya masih belum fokus," ujarnya.

"Tapi hari ini dimaksimalkan melalui Dinas PUPR Rohul, apa yang dilakukan perusahaan melalui TJSP ini nanti bisa dilihat masyarakat secara jelas dengan membangun infrastruktur yang dibutuhkan masyarakat dan nanti kita juga akan memberi reward terhadap perusahaan yang membantu membangun infrastruktur Rohul,” tambah Haris.

Lanjut Haris, nantinya hasil pembangunan ini akan ditulis bahwa bangunan tersebut merupakan bantuan dan kontribusi dari perusahaan.

"Kita juga akan menyediakan piagam penghargaan untuk perusahaan bisa melihat secara turun temurun keputusan tersebut bahwa perusahaan telah ikut serta membangun kabupaten Rokan Hulu ini," ujarnya.

"Inilah yang menjadi tujuan kita sehingga kebersamaan antara pemerintah, perusahaan dan masyarakat saling bersama-sama menjaga dan saling dukung untuk kemajuan Rokan Hulu,” tambah Haris.

Sementara itu, Kepala Dinas PUPR Rohul Anton mengatakan, setelah MoU ini pihaknya akan mem-follow up terhadap program-program yang akan di laksanakan

"Jadi nanti apa yang dibutuhkan masyarakat, PT Torganda akan membantu pembangunan infrastruktur, nanti kita akan sampaikan ke masyarakat ini adalah CSR perusahaan dan ini akan kita rekap, ini akan menjadi rekap data kita selamanya," kata Anton.

Tambah Anton, Dinas PUPR Rohul nanti akan mensurvei berapa kebutuhan box cover di lapangan, artinya pembangunan ini apabila tidak tercapai oleh APBD akan dilakukan melaui program CSR ini kepada perusahaan-perusahaan di Rohul.

"Untuk saat ini kita programkan terhadap wilayah dimana perusahaan itu berdiri, kedepan nanti kita memfokuskan program pemerintah daerah untuk pencapaian pembangunan di ibu kota kabupaten, maka nanti kita bangun pedestrian, drainase dan taman, nanti akan kita tampil taman ini dibangun CSR PT Torganda dan Pemda Rohul," jelasnya.

Di tempat yang sama, Humas PT Torganda Wilyah Riau Sariman Siregar mengaku pada prinsipnya PT Torganda mengucapkan terima kasih kepada Pemda Rohul, hal ini justru mendukung perusahaan untuk lebih mengarahkan bantuan-bantuan untuk masyarakat.

"Dimana selama ini pada dasarnya Perusahaan PT Torganda itu telah melaksanakan hal itu, tetapi namanya saja berbeda," terangnya.

Dengan adanya regulasi dan MoU hari ini, ujarnya, PT Torganda merasa terbantu untuk kesepakatan ini, dan kesepahaman ini akan disampaikan kepada manajemen dan pimpinan bahwa MoU hari ini dengan Pemkab Rohul secepat mungkin akan dilaksanakan dalam hal infrastruktur khususnya jalan.

"Dimana jalan-jalan di Tambusai Utara dan dan juga jalan diluar Provinsi, masih banyak lagi jalan Kabupaten, tentu saja bagian-bagian yang layak dikerjasamakan, PT Torganda Komit dengan Pelaksanaan MoU ini,” ujarnya.

Sementara itu, Kasi Operasional PT Bank Riau M. Fajri  juga sangat merespon positif terhadap kegiatan tersebut, namun hasil pertemuan ini akan dilaporkan ke pimpinan sebagai tindak lanjut dari pertemuan yang telah dilakukan dan optimis program ini terlaksana.

“Karena Bank Riau Kepri ini adalah dank daerah milik masyarakat Rokan Hulu dan tentunya akan berkontribusi untuk pembangunan jalan dan jembatan yang ada di wilayah setempat sesuai dengan MoU ini,” kata Fajri.

"Setelah pertemuan ini akan ada pertemuan tindak lanjut untuk membahas program program tersebut khusunya dibidang pembangunan jalan dan jembatan ini bersama pimpinan cabang nantinya," tambah Fajri.

Kemudian, Kadis Kominfo Rohul Drs Yusmar M.Si melalui Kabid e-Gov Diskominfo Rohul M. Yudi Arfian menjelaskan cara kerja aplikasi CSR berbasis web Infra Baru. Diskominfo Rohul dalam hal ini memfasilitasi aplikasi CSR berbasis web yang ada di Dinas PU agar bisa terintegrasi ke dalam server Pemerintah Daerah Rokan Hulu.

“Sehinngga pertukaran data dan informasi antara pemerintah dengan perusahaan atau stakeholder yang ada terkelola dengan baik dan nantinya aplikasi berbasis web tersebut juga dapat berfungsi sebagai media informasi pemerintah," ujarnya.

"Yang dapat diakses oleh masyarakat luas untuk melihat peran serta perusahaan ataupun stakeholder yang ada di Kabupaten Rokan Hulu terkait Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (TJSP) dalam pembangunan daerah di bidang infrastruktur,” jelas Yudi.

Komentar