Wali Kota Bekasi Cek Kesiapan Rumah Sakit Tangani COVID-19

Bekasi - Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi pada Senin (16/3), melakukan inspeksi mendadak (sidak) untuk memastikan kesiapan sejumlah rumah sakit dalam menghadapi virus corona (COVID-19).

Rahmat Effendi memastikan RSUD dr Chasbullah Abdulmajid, RS Mitra Keluarga Bekasi Barat, RS Awal Bros siap menghadapi COVID-19, karena telah menyiapkan ruang isolasi, hand sanitizer di tiap lorong ruangan, serta alat pelindung diri (APD) bagi dokter dan paramedik yang nantinya memeriksa pasien corona.

Dalam sidak kali ini, Rahmat Effendi juga meminta agar jajaran rumah sakit mengikuti standar badan kesehatan dunia (World Health Organization/WHO) dalam menangani virus corona.

"Jika sewaktu-waktu ada pasien corona masuk, bisa dirawat dengan aman dan virusnya tidak menyebar kemana-mana," pintanya.        

"Kami sudah lihat dari atas sampai bawah, semuanya sudah sangat bagus. Di setiap lorong itu saya lihat juga sudah ada hand sanitizer atau sabun pencuci tangan untuk memastikan orang-orang yang masuk ini bebas dari virus atau bakteri. Sarana prasarana lainnya juga sudah memenuhi," jelas Rahmat.

Kesiapan dalam menangai virus corona juga disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Kota Bekasi Tanti Rohilawati. Pihaknya menyebut sejak jauh hari, sejumlah rumah sakit telah menyiapkan ruang isolasi.

Pihaknya juga yakin RSUD dan beberapa rumah sakit di Kota Bekasi cukup berpengalaman dalam menangani kasus infeksi dan virus, serta memiliki, dokter, perawat dan perlengkapan medis. yang memadai.

"Kami menyiagakan tim medis berpengalaman untuk menangani infeksi atau virus. Ruang isolasi juga sudah kita siapkan sejak jauh-jauh hari," tutup Tanti.