Bupati Banjar: Partisipasi Masyarakat di Bidang Digital Harus Terus Didorong

Martapura - Peran dan partisipasi masyarakat di bidang teknologi digital mesti terus didorong. Pemerintah mulai dari pusat hingga kabupaten senantiasa berupaya memberikan literasi kepada masyarakat untuk bisa mengembangkan pengetahuan di bidang digital ini.

Hal tersebut disampaikan oleh Bupati Banjar Saidi Mansyur saat menjadi keynote speaker pada Webinar Literasi Digital wilayah Kabupaten Banjar Provinsi Kalimantan Selatan, melalui Zoom Meeting, Senin (21/6) siang.

Saidi Mansyur mengatakan, sesuai arahan Presiden RI Joko Widodo dan Kemenkominfo bersama Siberkreasi, telah menyusun sebuah peta jalan Literasi Digital 2021-2024 untuk meningkatkan partisipasi digital masyarakat. Selain itu mendorong pengembangan ilmu pengetahuan masyarakat di bidang teknologi informasi komunikasi (TIK) dan digital serta mendorong tingkat kecakapan transformasi digital dalam pemanfaatan teknologi baru.

“Kick off ini diselenggarakan demi tercapainya pengetahuan dan kecakapan untuk menggunakan media digital, alat-alat komunikasi atau jaringan dalam menemukan, mengevaluasi, menggunakan, membuat informasi dan memanfaatkannya secara sehat, bijak, cerdas, cermat, tepat dan patuh hukum dalam kerangka membina komunikasi interaksi dalam kehidupan sehari-hari,” ungkapnya.

Webinar Literasi Digital untuk Wilayah Martapura Kabupaten Banjar Provinsi Kalimantan Selatan bertajuk ” INDONESIA MAKIN CAKAP DIGITAL ” merupakan hasil kerja sama antara Kemenkominfo dengan Jaringan Pegiat Literasi Digital (Japelidi) dan Siberkreasi Gerakan Nasional Literasi Digital dengan menjangkau sebanyak 514 kabupaten/kota di seluruh Indonesia.

Webinar yang berlangsung sekitar 2 jam tersebut dimoderatori Shabrina Anwari salah seorang Announcer dan Sociopreneur. Menghadirkan beberapa Narasumber yakni Bupati Banjar Saidi Mansyur, Ketua Dewan Pimpinan Daerah Gerakan Kewirausahaan Nasional (GKN) Provinsi Kalsel Siti Isnaniah Haryani, CEO Sulaiman Effendi, Social Media Enthusiast dan Podcaster Didi Cahya Bercerita dan Kevin Pradana Enterpreuner Owner Baccani Dunia Maya dan Rekam Jejak Digital.

Sebagai informasi, seri webinar Indonesia #MakinCakapDigital terbuka bagi siapa saja yang ingin menambah wawasan dan pengetahuan mengenai literasi digital. Rangkaian webinar akan terus diselenggarakan hingga akhir 2021 dengan berbagai macam tema.