Dinkes Kubu Raya Libatkan 150 Nakes Sebagai Vaksinator Vaksinasi Massal

Kubu Raya - Dinas Kesehatan Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat, melibatkan 150 tenaga kesehatan (nakes) dalam kegiatan vaksinasi massal COVID-19 yang dilaksanakan di halaman kantor bupati Kubu Raya selama empat hari dimulai hari Selasa sampai Jum'at mendatang.

"Untuk kegiatan vaksinasi COVID-19 yang dilaksanakan secara massal ini, kami melibatkan 150 tenaga kesehatan dari 20 puskesmas yang ada di Kubu Raya dan mereka bertugas sebagai vaksinator," kata Kepala Dinas Kesehatan Kubu Raya Marijan

di sela memantau pelaksanaan Vaksinasi COVID-19 massal di halaman kantor Bupati Kubu Raya, Selasa (22/6) pagi.

Marijan menuturkan, nakes yang dilibatkan ini tersebar 20 Puskesmas di kabupaten Kubu Raya yang terdiri dari dokter dan perawat, yang mana setiap Puskesmas diambil lima nakes untuk jadi vaksinator program vaksinasi massal ini.

"Jika setiap Puskesmas lima nakes yang dilibatkan, maka kalau 20 Puskesmas jumlahnya 100 dan ditambah 50 nakes yang ada di RSUD Kubu Raya dan di Dinas Kesehatan, jadi totalnya 150 nakes," ucapnya.

Sementara itu, Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan mengimbau masyarakat untuk segara mendaftarkan diri dan keluarga agar mendapatkan suntikan vaksin COVID-19.

"Semuanya perlu divaksin untuk melindungi diri dan keluarga serta orang di sekitar kita. Untuk itu, jangan lagi berdebat dan soal vaksin, karena pemerintah sudah memastikan ini aman, halal dan dapat melindungi kita dari COVID-19," katanya.

Setidaknya, kata Muda, jika kita sudah divaksin, maka tubuh akan memiliki pertahanan yang lebih baik. Kalau pun masih kita dengar, ada juga yang sudah di vaksin tapi tetap terkena COVID-19, umumnya orang tersebut tetap dirawat namun tidak semakin parah kondisinya, karena sudah divaksin.

"Yang paling penting, setelah divaksin, tetap menerapkan protokol kesehatan, selalu menggunakan masker, jaga jarak dan selalu mencuci tangan," kata Muda.

Pada kesempatan itu, sebagai bupati, dirinya menyampaikan terima kasih kepada TNI dan Polri yang ikut menyukseskan berbagai kegiatan terkait COVID-19 di Kubu Raya, termasuk vaksinasi massal yang dilaksanakan saat ini.

Kegiatan vaksin massal turut dihadiri oleh Wakil Bupati Kubu Raya Sujiwo, Sekretaris Daerah Yusran Anizam, Kapolres Kubu Raya AKBP Yani Permana, Ketua DPRD Kubu Raya Agus Sudarmansyah dan sejumlah kepala SKPD serta unsur Forkopimda lainnya.