Bupati Grobogan Sampaikan LKPJ 2019

Grobogan - DPRD Grobogan menggelar rapat paripurna dengan agenda penyampaikan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Tahun Anggaran 2019 di Gedung DPRD Grobogan, Jawa Tengah, Senin (16/3).

Dalam rapat paripurna yang dipimpin Ketua DPRD Grobogan Agus Siswanto, Bupati Grobogan Sri Sumarni menyampaikan pengantar LKPJ Tahun Anggaran 2019.

Menurut bupati, penyusunan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban Akhir TA 2019 didasarkan pada Peraturan Pemerintah Nomor 13 Tahun 2019 tentang Laporan dan Evaluasi Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah, sedangkan sistematika penyusunannya didasarkan pada Surat Edaran Menteri Dalam Negeri tanggal 22 Januari 2020 Nomor 700/479/OTDA perihal Format Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ).

Pengantar LKPJ berisi rangkuman seluruh materi yang ada di buku LKPJ Akhir Tahun Anggaran 2019 yang terdiri dari 4 materi pokok, yakni, gambaran umum Kabupaten Grobogan, penjabaran APBD, penyelenggaraan urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah, dan pelaksanaan tugas pembantuan.

Dalam kesempatan itu, Bupati Grobogan juga menyampaikan berbagai penghargaan dan prestasi yang diraih pada TA 2019 diantaranya :

  1. Penghargaan dari Badan Pemeriksa Keuangan berupa capaian opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah 2018.
  2. Penghargaan Nasional sebagai Kabupaten Peduli Hak Asasi Manusia dan Kabupaten Layak Anak Kategori Pratama.
  3. Penghargaan Nasional Manggala Karya Kencana untuk Program Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga.
  4. Penghargaan Nasional Smart City Tahun 2019.
  5. Penghargaan Nasional Bakti Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah.
  6. Penghargaan Nasional kepada RSUD dr. R. Soedjati, Dispendukcapil dan DPMPTSP Kabupaten Grobogan sebagai Unit Penyelenggara Pelayanan Publik Kategori Baik.
  7. Penghargaan Nasional kepada Inspektorat Kabupaten Grobogan kategori Maturitas Penyelenggaraan SPIP Level 3.
  8. Penghargaan Nasional Sekolah Adiwiyata kepada SMA N 1 Purwodadi, SMAN 1 Toroh, SMAN 1 Geyer, SMPN 1 Purwodadi dan SMPN 1 Grobogan.
  9. Penghargaan Nasional kepada BPR BKK Purwodadi kategori Kinerja Keuangan Sangat Bagus, TOP BUMD dan BUMD of The Year.
  10. Bupati juga mengungkapkan mengenai kinerja pemerintah daerah tertuang didalam dokumen LKPJ akhir tahun 2019 masih terdapat banyak kekurangan dalam upaya mewujudkan kesejahteraan masyarakat dan kemajuan Kabupaten Grobogan.

Untuk itu, bupati mengharapkan pandangan dan evaluasi dari DPRD Grobogan sebagai bahan kajian di masa mendatang.

"Saya menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada semua pihak yang telah mencurahkan segenap tenaga, pikiran, dukungan dan kerjasamanya dalam pelaksanaan berbagai program dan kegiatan pembangunan selama tahun 2019.

Selanjutnya, Bupati Grobogan sangat terbuka menerima kritik, saran dan masukan yang membangun dari semua pihak, guna perbaikan atau peningkatan kinerja pemerintah daerah pada masa mendatang.