Tingkatkan Kualitas Pendidikan, Pemkab Tanah Datar Jajaki Kerjasama dengan Putra Sampoerna Foundation

Batusangkar - Bupati Tanah Datar Eka Putra menerima kunjungan Putera Sampoerna Foundation (PSF) di Gedung Indo Jolito, Selasa (22/6).

Bupati Eka Putra menyambut baik program PSF untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Tanah Datar.

“Peningkatan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas dan berdaya saing menjadi salah satu misi pembangunan daerah,” ujar Bupati Eka.

Lebih lanjut bupati mengatakan, pemerintah daerah siap menindaklanjuti tawaran ini untuk dikerjasamakan kedua belah pihak.

“Sektor pendidikan harus dimajukan kalau daerah ini ingin maju, apalagi tantangan ke depan semakin berat. Tugas ini tidak hanya ada di pemerintah tetapi butuh dukungan unsur lain salah satu pihak swasta,” ujarnya.

Kualitas guru, sebut bupati, menjadi salah perhatian untuk ditingkatkan, di tengah tantangan pandemi COVID-19.

“Guru harus melek IT dan punya program pembelajaran yang menarik dan berkualitas bagi siswa untuk belajar tatap muka dan tatap maya,” ujarnya.

Sementara itu, Head of Partner Relatiion PSF Ida Bagus Gede Wardhiputra didampingi Manager Fund Rising Mutmainnah Syahril menjelaskan PSF memiliki tiga program di bidang pendidikan.

Dijelaskannya, program tersebut yaitu beasiswa kuliah di Sampoerna University, Sekolah Mercusuar atau sekolah model dan Pusat Belajar Guru.

“Kita ingin bersinergi dengan pemerintah daerah melahirkan anak-anak Tanah Datar yang berdaya saing,” ujarnya.

Dengan program sekolah model, ujar Ida Bagus, PSF melakukan pendampingan sekolah selama tiga tahun baik di sisi kurikulum, manajemen sekolah, siswa, komite dan orang tua dan berharap sekolah ini menjadi mercusuar bagi sekolah di sekitar agar bisa dicontoh.

Demikian juga program Pusat Belajar Guru menyiapkan 20-30 orang guru master untuk diberikan pendampingan dan pelatihan yang kemudian dibagikan ilmunya kepada guru-guru lain.

Sementara beasiswa pendidikan, PSF akan menyeleksi siswa-siswa terbaik untuk dididik di Sampoerna University dengan 3 fakultas yakni Teknik, Bisnis dan Pendidikan.

“Pendidikan S-1 dijalani selama 4 tahun dan ada program ke luar negeri selama 11 minggu di salah satu kampus ternama di Amerika Serikat,” jelasnya.

Turut hadir Plh Sekda Edi Susanto, Kepala Baperlitbang Alfian Jamrah, Kadis Dikbud Riswandi, Kepala BKPSDM Jasrinaldi, Kabag Kesra Afrizon, Kabag POD Herison dan Kabag Humas dan Protokol Yusrizal.