Asisten I Setda Pulang Pisau Sambut Tim Penilai Lomba Desa/Kelurahan Tingkat Kalteng

Pulang Pisau - Asisten I Setda Kabupaten Pulang Pisau M. Syaripul Pasaribu menghadiri penyambutan rombongan tim penilaian Lomba Desa dan Kelurahan Tingkat Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) di Desa Kanamit Barat, Kecamatan Maliku, Kabupaten Pulang Pisau, Kamis (24/6).

Turut mendampingi, Kepala DPMD Deni Widanarni, Ketua TP PKK Kabupaten Pulang Pisau Toni Harisinta, Camat Maliku Teras.

Syaripul Pasaribu mengatakan, Lomba Desa dan Kelurahan bertujuan mendorong pemerintah desa dan kelurahan untuk menemukan, mengoptimalkan dan mengevaluasi potensi yang ada di wilayahnya.

"Selain itu juga dalam rangka usaha pembangunan yang dilaksanakan masyarakat desa dan kelurahan atas dasar tekad dan kekuatan sendiri serta mengetahui kinerja serta pembangunan selama kurun dua tahun terakhir dari 2019 - 2020," jelasnya.

Syariful juga menyampaikan penilaian lomba desa dan kelurahan merupakan evaluasi tahunan untuk menilai sejauh mana pemerintah dan masyarakat desa dalam mengevaluasi diri yang berpedoman pada Permendagri Nomor 81 Tahun 2015 tentang evaluasi pembangunan desa, yakni bidang kewilayahan, pemerintah dan masyarakat.

Berdasarkan hasil evaluasi, Desa Kanamit Barat termasuk dalam kategori berkembang dan berdasarkan Permendagri 13 Tahun 2007 tentang Pendayagunaan Profil Desa termasuk kategori  Desa Swakarya.