Bupati Kubu Raya Optimistis Pembangunan RSAU dr Sutomo Jadikan Pelayanan Maksimal

Kubu Raya - Pemerintah Austria bekerjasama dengan Kementerian Pertahanan RI melalui TNI Angkatan Udara Lanud Supadio Kalimantan Barat membangun gedung Rumah Sakit Angkatan Udara (RSAU) dr Mohammad Sutomo Lanud Supadio di Jalan Raya KH Abdurahman Wahid, Sungai Raya, Kabupaten Kubu Raya, Kamis (24/6).

Kerjasama dilakukan sebagai upaya untuk meningkatkan pelayanan kesehatan Rumah Sakit Angkatan Udara, serra peningkatkan beberapa peralatan medis dan fasilitas pendukung lainnya.

Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan, dalam keterangannya menyambut baik pembangunan gedung RSAU Mohammad Sutomo Lanud Supadio.

Bupati optimistis, dengan dibangunnya kembali dan pengembangan fasilitas yang dilakukan di RSAU Mohammad Sutomo Lanud Supadio, akan memberikan dampak positif yang sangat luas bagi masyarakat.

"Keberadaan RSAU selama ini pula telah banyak menolong masyarakat di wilayah setempat, khususnya dalam pelayanan kesehatan," kata Bupati Muda Mahendrawan saat menghadiri peletakan batu pertama pembangunan gedung RSAU dr Moh. Sutomo, Kamis (24/6).

Menurut bupati, langkah ini akan membangun optimisme baru, sehingga dengan pembangunan ini akan jauh lebih meningkatkan sarana yang bisa membuat pelayanan itu bisa benar-benar akan dimaksimalkan.

"Apalagi ini kerjasama nya dengan austria ini, kita sangat bersyukur sekali, ini bisa langsung mendarat disini," ujarnya.

Bupati menambahkan, dengan ditambah fasilitas-fasilitasnya, akan membuat jangkaun pelayanan yang lebih luas dalam penanganannya, tentu akan memberikan akses yang lebih terhadap masyarakat yang membutuhkan.

“Kalau rakyatnya sehat, TNI nya juga kuat," ujar Bupati Muda.

Bupati menjelaskan, Kubu Raya yang merupakan wilayah interline, tentu membuat banyak pergerakan orang melintas di wilayahnya. Untuk itu, dengan keberadaan ini akan dinilainya akan memberikan keamanan bagi masyarakat.

"Saya yakin bahwa keberadaanya ini bukan sebagai cadangan, tetapi malah jadi tumpuan depan. Karena apalagi Kubu Raya penduduknya juga cukup besar, dan merupkan pelintas dari daerah kabupaten lain. Apa yang menjadi perencanaan ini, kami Pemerintah Kabupaten Kubu Raya tentu tetap berupaya memaksimalkan kerjasamanya," tuturnya.

Sementara itu, Duta Besar Austria untuk RI Johannes Petterlik mengatakan, dalam waktu beberapa pekan kedepan pihaknya dan menteri keuangan akan mendandatangani MoU terkait program yang mencakup hubungan-hubungan yang berada di bidang kesehatan.

"Kami juga membantu untuk memberikan alat kesehatan sesuai kebutuhan rumah sakit khususnya untuk kebutuhan yang saat ini memang benar-benar dibutuhkan oleh pihak rumah sakit itu sendiri," jelas Johannes Petterlik l.

Johannes menjelaskan, tidak hanya Gedung RSAU dr Mohammad Sutomo Lanud Supadio, pihaknya juga akan membangun rumah sakit lainnya di beberapa wilayah Indonesia yakni di Pulau Jawa, Nusa Tenggara Timur (NTT), Dan juga Papua.

"Pembangunan yang akan kami lakukan nantinya juga akan bekerjasama dengan pemerintah Indonesia," imbuhnya.

Di tempat yang sama, Kadiskesau Marsma TNI dr.l Isdwiranto Iskanto menyampaikan bahwa kerjasama ini yang dilakukan ini m merupakan salah satu program TNI Angkatan Udara khususnya dalam bidang kesehatan.

"Ini memang program kerja kita dari TNI Angkatan Udara Kesehatan, yakni salah satunya adalah mensejahterakan prajurit TNI Angkatan Udara. Dan tak hanya bagi prajurit, ini juga akan berguna bagi masyarakat umum khususnya yang ada di Kabupaten Kubu Raya ini," jelas dia.

Isdwiranto menambahkan, berjalannya pembangunan gedung, pengadaan peningkatkan beberapa peralatan medis dan fasilitas pendukung canggih seperti CT Scan dan lainnya juga akan dipersiapkan untuk rumah sakit ini.